PELATIHAN PENGKAJIAN KEBUTUHAN PASCA BENCANA JITUPANAS 2019.

Serui – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kepulauan Yapen ditahun anggaran 2019 ini menggelar pelatihan pengkajian kebutuhan pasca bencana, yang berlangsung di gedung KNPI, serui pada hari Kamis 07/11/2019.

Dimana para peserta yang terlibat dalam kegiatan tersebut berasal dari opd teknis seperti dinas PUPR, dinas sosial, badan KESBANGPOL Kepulauan Yapen, BAPPEDA, dinas perhubungan dan BPBD Kabupaten Kepulauan Yapen dengan jumlah total sebanyak 30 orang peserta.

Pelatihan tersebut juga menghadirkan sejumlah narasumber yang berasal dari BPBD Provinsi Papua.

Sementara itu mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, yang diwakili oleh Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM yang membacakan sambutan Bupati Kepulauan Yapen, mengatakan bahwa kegiatan tersebut sebagai langkah dan upaya strategis yang dilakukan oleh BPBD Kabupaten Kepulauan Yapen, untuk menghadirkan sebuah tim yang solid, serta memiliki kompetensi dalam melakukan pengkajian terhadap akibat, dampak perkiraan dan kebutuhan pasca bencana yang kemudian menjadi dasar untuk menetapkan kebijakan program dan kegiatan rehabilitasi dan rekonstruksi.

Ir. Alexander Nussy, MM juga menekankan perlu adanya kesadaran dan kepatuhan dari semua pihak, terkait untuk benar-benar melaksanakan pedoman dimaksud, yang dibuktikan dengan kecepatan dan ketepatan serta koordinasi juga sinergitas dalam bertindak. Tidak hanya itu kesiapan logistik dan peralatan yang memadai, juga menjadi perhatian karena hal-hal ini lah yang sering kali menjadi kendala di lapangan dalam menanggulangi resiko akibat sebuah bencana.

Ir. Alexander Nussy, MM juga berpesan bagi para peserta untuk mengikuti dengan baik kegiatan ini dengan baik.

Tim liputan Humas Kepulauan Yapen.

Leave a Reply