Sekretariat daerah Kabupaten Kepulauan Yapen melaksanakan perlombaan yang diberi nama Setda Bersatu yang dikemas dalam bentuk lomba-lomba antar bagian khusus interen di lingkup sekretariat daerah Kabupaten Kepulauan Yapen. Kegiatan ini berlangsung di lapangan apel setda Kabupaten Kepulauan Yapen, pada  Jumat,  11 Oktober 2019.
Ketika dijumpai oleh humas kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM menjelaskan bahwa Kegiatan ini bertujuan untuk membangun kebersamaan, kesatuan dan kekompakan khususnya di sekretariat daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM juga menambahkan melalui kegiatan ini juga dapat menjadi satu ajang untuk melepaskan kepenatan dari berbagai persoalan yang dihadapi dalam pekerjaan dan juga di rumah, sehingga dengan adanya kegiatan ini maka diharapkan, agar jajaran ASN dapat lebih semangat bekerja dan semangat membangun kebersamaan. Dirinya juga menjelaskan bahwa kegiatan seperti ini akan dilakukan secara rutin kedepannya, hasil dari perlombaan ini juga akan diberikan hadiah yang akan digunakan di tiap-tiap bagian, hadiah-hadiah tersebut diperoleh dari sumbangan pegawai dalam perlombaan tersebut.
Dari pantauan langsung di lapangan turut hadir asisten III setda Kabupaten Kepulauan Yapen, Erni Tania yang sebagai koordinator lapangan kegiatan ini, asisten II setda, Gokman Simbolon dan bagian-bagian di lingkup setda Kabupaten Kepulauan Yapen.
Jenis Perlombaan yang dilaksanakan antara lain lomba gawang mini putra menggunakan daster, lomba gawang mini putri, lomba bakiak kelompok, lomba sendok kelereng dan juga lomba estafet bedak.
Perlombaan-perlombaan tersebut dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussy, MM yang dilanjutkan dengan perlombaan gawang mini putra dan putri dan dilanjutkan dengan sendok kelereng yang diikuti oleh para staf, jajaran eselon II serta asisten III dan asisten II juga, ahli Bupati dan juga kepala bagian humas setda Kabupaten Kepulauan Yapen.
Keluar sebagai juara di menangkan oleh bagian humas dan santel setda Kabupaten Kepulauan Yapen, Piet De hann dalam kesempatan wawancaranya mengatakan bahwa mengaku bangga jajarannya dapat memenangkan berbagai perlombaan. Dirinya juga berharap agar kebersamaan yang sudah terjalin ini dapat dipelihara dengan utuh.
Hal yang sama juga diungkapkan oleh Anis dari bagian tata pemerintahan setda Kabupaten Kepulauan Yapen yang mengaku bahagia setiap jajarannya boleh mendapat hadiah dan diharapkan pada waktu waktu yang akan datang kegiatan serupa dapat dilaksanakan guna menjalin kekompakan di jajaran sekretariat daerah Kabupaten Kepulauan Yapen.
Sementara itu pembagian hadiah dilakukan oleh sekda, Ir. Alexander Nussy, dilanjutkan oleh asisten III setda, Erni Tania selaku koordinator lapangan kegiatan dan asisten II Setda, Gokman Simbolon.
Tim liputan humas Setda Kabupaten Kepulauan Yapen.