the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
LAWATAN SEJARAH TINGKAT DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN, PROVINSI PAPUA Previous item SOSIALISASI PEMASANGAN... Next item PIMPIN APEL PERDANA...

LAWATAN SEJARAH TINGKAT DAERAH KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN, PROVINSI PAPUA

Serui – Bertempat di hotel merpati, pembukaan lawatan sejarah daerah tahun 2019 di kabupaten kepulauan yapen secara resmi dibuka oleh sekretaris daerah Kabupaten Kepulauan Yapen Ir. Alexander Nussy, MM pada kamis 09 mei 2019.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen hadir dalam acara tersebut untuk membacakan sambutan bupati dan membuka secara resmi kegiatan tersebut.

Pada awal sambutanya, Bupati mengatakan bahwa, ”pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada balai pelestarian nilai budaya papua sebagai unit pelaksana teknis dirjen kebudayaan kemendikbud dalam melakukan perjalanan sejarah ke tempat-tempat yang ada didaerah termasuk kita di Kabupaten Kepulauan Yapen yang dikemas dalam kegiatan lawatan sejarah daerah tahun 2019”.

Kegiatan lawatan sejarah adalah kegiatan perjalanan mengunjungi situs bersejarah yang merupakan bagian dari simpul-simpul perekat yang berorientasi pada nilai-nilai perjuangan dan persatuan untuk memperkokoh integrasi bangsa.

Lanjut Sekda dalam membacakan sambutan Bupati bahwa, “lawatan sejarah dipandang penting sebagai alternatif model pembelajaran sejarah yang dinamis, kreatif dan efektif dengan tujuan agar nilai-nilai kearifan sejarah dapat diserap dengan baik, serta mampu memupuk dan menumbuhkan nasionalisme, rasa cinta tanah air bagi masyarakat pada umumnya dan secara khusus bagi para generasi muda”.

Bupatimenjelaskanlewatsambutanyabahwa, “lawatan sejarah daerah yang terlaksana pada hari ini diperuntukkan bagi para siswa-siswi SMA se-Kabupaten Kepulauan Yapen yang kita harapkan dapat memperluas pemahaman siswa tentang sejarah bangsa, mengetahui dan mengenal situs bersejarah dan religi di daerah ini yang pada akhirnya akan terwujud rasa memiliki serta kepedulian untuk melestarikan, melindungi dan terus memelihara peninggalan bersejarah dan tradisi bangsa”.

Pada akhir sambutanya Bupati berpesan, ”Untuk itu, kegiatan lawatan sejarah daerah tahun 2019 di Kabupaten Kepulauan Yapen, saya mintakan agar kita dukung dan sukseskan, sehingga sejarah bangsa, lebih khusus sejarah dan warisan budaya di daerah ini, tidak mudah tenggelam ditengah perkembangan jaman, tetapi tetap utuh, dihormati dan dikenal secara beregenerasi, mulai dari kita saat ini sampai anak cucu kita kedepan”.

Pembukaan ditandai dengan penabuhan tifa oleh Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen, Ir. Alexander Nussi, MM dan diikuti oleh panitia penyelenggara.

Antusias dari pelajar yang mengikuti kegiatan tersebut dapat dilihat dari jumlah siswa-siswi SMA se-Kabupaten Kepulauan Yapen yang hadir pada pembukaan kegiatan tersebut. Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen juga diberi kesempatan untuk mencanangkan peserta secara resmi dengan ditandai pemakaian plakat secara simbolis kepada dua orang peserta. Turut hadir dalam pembukaan lawatan sejarah ini, Kepala Dinas Pendidikan, Kapolres Kepulauan Yapen, Ketua Dewan Adat, Pengajar dan Pelajar.

Humas Setda, Kabupaten Kepulauan Yapen

Photo oleh : Marvin Raubaba