Serui – Sebanyak 479 Orang ASN mengikuti Apel Gabungan Jumat pagi, 22/09/2023. Clemens Mambrasar dalam arahan nya sebagai pembina apel gabungan Jumat pagi menyampaikan bahwa berkaitan dengan laporan DAK Fisik telah disampaikan di wa grup kepada bendahara maupun kasubag program dimana harus secepatnya disampaikan progres pekerjaan di lapangan sehingga laporan bisa disampaikan untuk tahapan selanjutnya ujarnya.

Dalam kapasitas nya sebagai SKPKD dirinya menyampaikan bahwa Didalam presentasi mengenai dana Otsus 0.4%  ada beberapa OPD yang harus memenuhi target 70% dan masih ada 3 OPD yang masih kurang yaitu dinas pariwisata, dinas kesehatan dan dinas ketahanan pangan sehingga di badan keuangan dapat melapor ke pemerintah pusat mengingat karena ada batas waktu ujarnya.

Senin besok juga BPK akan melakukan pemeriksaan terhadap BMD sehingga pimpinan opd diharapkan dapat memerintahkan petugas barang ada di tempat ujarnya hal ini dalam rangka penyatuan BMD dan persiapan penyusunan laporan keuangan pemerintah daerah di tahun depan ungkapnya.

Terkait SPJ dirinya minta  perhatian agar bendahara dapat menertibkan dengan baik sehingga mendekati akhir tahun bisa disiapkan. terkait penyusunan APBD perubahan ada tahapan proses dimana di badan keuangan telah menyiapkan KUA-PPAS perubahan dengan lampiran matriks  pada Kua PPAS Perubahan yang terdiri dari Pergeseran maupun Penambahan anggaran itu disampaikan ke Bappeda, sehingga menjadi lampiran di RKPD perubahan. Kemarin telah dilakukan evaluasi di Jayapura baik dari batang tubuh dari RKPD Perubahan,  dan saat ini sedang di perbaiki stresing poin nya  dan akan dikembalikan khusus lampiran tersebut yang terdiri dari usulan pergeseran, dan penambahan yang dikembalikan kepada badan keuangan Daerah untuk disatukan dengan batang tubuh dari KUA PPAS sehingga dapat di dorong ke DPRD secepatnya untuk dilakukan sidang, dipelajari, dan ditandatangani, sehingga dapat disiapkan Perda APBD Perubahan  dan jika sudah ditentukan maka pembayaran TPB bisa cair ungkapnya.

Foto : Robby Kamarea

Editor : Andrew Woria