the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
SEMINAR DAN RAKERCAB IKATAN APOTEKER INDONESIA KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN DAN WAROPEN Previous item PERINGKAT TERBAIK DPMPTSP... Next item PENYERAHAN SERTIFIKAT...

SEMINAR DAN RAKERCAB IKATAN APOTEKER INDONESIA KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN DAN WAROPEN

Pengurus cabang ikatan apoteker indonesia kabupaten kepulauan yapen dan waropen mengelar seminar sekaligus rapat kerja cabang dan penggunaan obat yang rasional, Sabtu (16/02/2019).

 

Kepulauan Yapen – Guna meningkatkan pengetahuan akan informasi penggunaan obat yang rasional Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar seminar di Hotel Merpati Serui, yang turut hadir Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA dan  Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Yapen dr. Ephraim Aloysius Osok, M.Kes, serta Dewan Penasehat Cabang Kabupaten Kepulauan Yapen, Yohanes Geo Tena, S.Si., Apt dan Sudaryati, S.Si., Apt, Sabtu (16/02/2019).

Dalam sambutan Ketua Pengurus Harian Cabang Ikatan Apoteker Indonesia Kabupaten Kepulauan Yapen dan Waropen Ittang Virgonalia, S.Si., Apt mengatakan tugas dan fungsi dari apoteker bagaimana dapat memberikan informasi kepada masyarakat terkait penggunaan obat yang rasional.

“Tugas dan fungsi dari apoteker tentang memberikan informasi kepada masyarakat terkait penggunaan obat yang rasional, penggunaan suatu obat dapat berpengaruh terhadapat kualitas penggobatan. Penggunaan obat atau pelayanan obat merupakan proses kegiatan yang mencakup aspek teknis dan non teknis yang dimulai kebijakan-kebijakan dari resep dokter dan pemberian obat kepada pasien”. Ungkapnya

Tidak hanya itu, Ittang Virgonalia, S.Si., Apt juga menambahkan penggunaan obat yang rasional merupakan upaya yang paling penting dalam meningkatkan mutu pelayanan obat serta pemilihan obat harus memiliki beberapa kriteria.

“Penggunaan obat yang rasional merupakan upaya yang paling penting dalam meningkatkan mutu pelayanan obat serta pemilihan obat yang rasional harus memiliki beberapa kriteria”. Tambahnya

Selain itu juga Wakil Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA dalam sambutannya mengatakan ikatan apoteker indonesia merupakan organisasi profesi yang mewadahi aspirasi seluruh apoteker di indonesia, dimana saat ini telah ada di kabupaten kepulauan yapen dan kabupaten waropen.

“Ikatan apoteker indonesia yang merupakan organisasi profesi yang mewadahi aspirasi seluruh apoteker di indonesia saat ini telah ada di kabupaten kepulauan yapen dan kabupaten waropen yang perlu kita syukuri sebagai nila tambah dan penguatan tersendiri dalam rangka memaksimalkan kebutuhan layanan kesehatan kepada masyarakat di era dewasa ini”.

Adapun tujuan dari kegiatan ini juga mengevalusi program kerja dari masing-masing bidang pengurus cabang kabupaten kepulauan yapen dan waropen, menyusun kembali program kerja masing-masing bidang, melaksanakan pengembangan pendidikan apoteker berkelanjutan guna mendapatkan dan menambahkan pengentahuan di bidang kefarmasian serta meningkatkan pengetahuan apoteker dalam penggunaan obat yang rasional. Sekaligus pelantikan Pengurus Cabang Ikatan Apoteker Indonesia (IAI) Kabupaten Kepulauan Yapen masa bakti 2018-2022.

(am/sp)