the official website of the Kabupaten Kepulauan Yapen
PERTEMUAN PIHAK RSUD SERUI DENGAN BUPATI KEPULAUAN YAPEN, DALAM PEMBAHASAN PENANGANAN PENYAKIT TUBERKOLOSIS RESISTEN OBAT DAN MALARIA Next item LOMBA SENI ANAK DAN REMAJA...

PERTEMUAN PIHAK RSUD SERUI DENGAN BUPATI KEPULAUAN YAPEN, DALAM PEMBAHASAN PENANGANAN PENYAKIT TUBERKOLOSIS RESISTEN OBAT DAN MALARIA

Serui 24/10 2018

Bertempat di rumah jabatan Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen, pihak RSUD Serui Yakni Direktur Rumah sakit Widyanto Praktikto, Dr. Daniel, Sp. PD, dan juga beberapa petugas medis menemui Bupati Tonny Tesar S.sos untuk membahas penanganan penyakit Tuberkolosis Resisten Obat (TB RO) dan penyakit malaria. Menurut Dr. Daniel, Sp. PD. Tuberkolosis Resisten Obat (TB RO) ini berbeda dengan Tuberkolosis biasa dan untuk penyakit malaria pihak rumah sakit RSUD sedang berkonsentrasi penuh dikarenakan angka parasit di Kabupaten Kepulauan Yapen sangat tinggi.

Saat ini pihak RSUD Kabupaten Kepulauan Yapen telah mengambil langkah Langkah dengan menghadirkan sebuah alat yang bisa mendeteksi penyakit TB RO ini, hanya saja belum di instalasi dan alat ini selambat-lambatnya akan digunakan pada bulan november mendatang. Dr Daniel juga menghimbau kepada pasien agar mengkonsumsi obat secara baik, karena dengan mengkonsumsi obat dengan baik dan teratur berdasarkan arahan dari dokter sudah merupakan tindakan untuk mencegah terjadinya resisten penyakit terhadap obat, khususnya pada pasien yang mengidap penyakit tuberkolosis.

Penemuan kasus ini kemudian ditanggapi oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen yakni Tonny Tesar S.sos, dimana beliau mengatakan dengan adanya penemuan kasus ini lebih awal merupakan pencapaian yang baik sehingga kita bisa dengan cepat mengambil langkah-langkah penanganan lewat pencegahan dan pengobatan, dan juga Bupati akan menjawab permintaan dari pihak rumah sakit dimana akan disediakan ruangan khusus juga dana yang dibutuhkan untuk penanganan, sedangkan untuk penyakit malaria Tonny Tesar mengatakan beberapa waktu lalu diadakan workshop pembentukan malaria center untuk kawasan teluk dan Serui, Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi tempat untuk malaria center tesebut. Bupati juga beberapa waktu lalu membahas dan menugaskan Dr. Daniel, Sp. PD (Spesialis penyakit dalam) agar melakukan konsultasi serta koordinasi dengan pihak rumah sakit Bintuni, yang mana cukup berhasil cara penanganan malaria dan saat pertemuan sudah menyerahkan strategi atau proposal kepada Bupati dan akan dibahas, sehingga di tahun 2020 mendatang Kabupaten Kepulauan Yapen dapat meminimalisir angka penyakit malaria.

Chika numberi