7

Pencanangan Program Nasional Sejuta Rumah bagi Rakyat

Pencanangan Program Nasional Pembangunan Sejuta Rumah bagi rakyat di Kabupaten Kepulauan Yapen, Provinsi Papua ditandai dengan prosesi peletakkan batu pertama oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos beserta Ketua DPRD dan Para Muspida Kabupaten Kepulauan Yapen pada tanggal 29 April 2015.

Di awal sambutannya, Bupati mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada pemerintah pusat atas perhatian dan kepeduliannya terhadap pembangunan sarana perumahan demi peningkatan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen. Selanjutnya, Bupati menyampaikan bahwa luas wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen dan jumlah penduduknya yang relatif sedikit serta pendapatan rata-rata perkapita masyarakat yang tergolong ekonomi lemah, memberi gambaran konkrit bahwa Kabupaten Kepulauan Yapen layak dijadikan salah satu daerah sasaran di Indonesia bagi pembangunan rumah untuk rakyat.

Selain itu, Bupati menambahkan bahwa ketersediaan rumah rakyat yang telah dibangun oleh pemerintah daerah belum merata diperoleh sebagian besar masyarakat bila dibandingkan dengan animo tinggi untuk mendapatkan rumah layak huni. Oleh sebab itu, dengan kehadiran Program Nasional Sejuta Rumah untuk Rakyat dinilai akan sangat membantu pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dalam menyediakan rumah bagi rakyatnya.

Di akhir sambutannya, Bupati berpesan kepada seluruh masyarakat agar menyikapi dan menerima program ini dengan sepenuh hati, dan juga ikhlas melepas area-area yang menjadi kepemilikkan warga lokal untuk dijadikan kawasan pembangunan rumah rakyat.