Pembuatan KTP

Tahapan- Tahapan Pembuatan KTP

Manfaat KTP Nasioanal :

1. KTP Elektronik merupakan KTP Nasional yang sudah memenuhi ketentuan, sehingga yang berlaku secara Nasional, dengan Demikian mempermudah Penduduk untuk mendapatkan Pelayanan, baik dari Lembaga Pemerintah maupun Swasta.

2. Dapat Mendukung Peningkatan Keamanan Negara sebagai dampak positif dari tertutupnya peluang KTP Palsu dan KTP Ganda, dimana selama para Pelaku Kriminal termasuk Teroris, TKI Ilegal dan Perdagangan orang atau Traficing yang umumnya menggunakan KTP Palsu dan, Ganda

3. Untuk mendukung database Kependudkan yang akurat,sehingga, data pemilih dalam Pemilu dan Pemilukada yang selama ini sering bermasalah tidak akan terjadi lagi,dan semua Warga Negara Indonesia yang berhak memilih terjamin Hak Pilihnya.

Tata cara penerbitan KTP Elektronik KTP Nasional bagi Penduduk :

1. Penduduk yang telah menerima surat pemberitahuan/ Panggilan mendatangi tempat pelayanan KTP dengan Membawa Surat Panggilan dan KTP lama bagi yang sudah memilihki KTP.

2. Petugas di Tempat pelyanan KTP Elektrik dengan melakukan Verifikasi data penduduk secara langsung di tempat pelayanan KTP Elektronik.

3. Kemudian Petugas Operator menyimpan data dan Biodata Penduduk kedalam database di tempat pelayanan KTP Elektrik.

Persyaratan Penerbitan Kartu Tanda Pemduduk ( KTP )

1. Warga Negara Republik Indonesia yang telah berusia 17 ( Tujuh Belas ) Tahun, atau belum berusia 17 tahun tetapi sudah kawin atau pernah kawin.

2. Terdata pada data base pada Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil, yang tertuang dalam bentuk Kartu Keluarga ( KK ) yang di sertai nomor KK dan, Nomor Induk Penduduk ( NIK )

3. Surat Keterangan Pindah atau datang dari daerah asal bagi penduduk baru yan belum terdaftar secara resmi dalam database Kependudukan Pencacatan Sipil.

4. Surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian bagi Penduduk yang akan meminta penggantian KTP karena hilang.


Tata cara Pembuatan e-KTP Reguler bagi Penduduk WNI :

a. Penduduk melapor kepada petugas di tempat pelayanan KTP
Elektronik, dengan mengisi formulir permohonan dan membawa persyaratan berupa :

1. Nomor Induk Kependudukan Nasional ( NIK )
2. Foto Copy Kartu Keluaraga, dan
3. Surat pindah dan KTP Elektronik bagi penduduk yang pindah
Atau KTP Elektronik yang rusak bagi Penduduk yang KTP Elektroniknya rusak, sedangkan Penduduk yang KTP Elektroniknya hilang, harus menbawa surat Keterangan Kehilangan dari Kepolisian.

b. Selanjutnya Petugas ditempat pelayanan merekam isi formulir permohonan kedalam Database Kependudukan, kemudian Petugas di tempat pelayanan membubuhkan tanda tangan dan stempel pada formulir permohonan sebagai bukti telah di lakukan Verifikasi.

c. Pengambilan dan perekaman pas foto,tanda tangan dan sidik jari penduduk.

d. Petugas Operator melakukan Penyimpanan Biodata Penduduk kedalam database di tempat Pelayanan dan kemudian Database yang Telah di simpan selanjutnya di kirim melalui Jaringan data Server AFIS di pusat Data Kemendagri RI di Jakarta.