Situs Resmi Pemerintah Kepulauan Yapen
BERANDAINDEKS
Berita  

Penjabat Bupati Welliam R. Manderi Hadiri Rapat Koordinasi Kesiapan Pilkada Serentak 2024 di Jayapura.

Prokopim Setda Yapen, Jayapura – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Welliam Roberth Manderi, turut hadir dalam Rapat Koordinasi Kesiapan Penyelenggaraan Pilkada Serentak Tahun 2024 yang dilaksanakan di Aston Hotel, Jayapura, Rabu (29/05/2024). Kehadiran Welliam R. Manderi menunjukkan komitmen kuat pemerintah daerah dalam memastikan suksesnya penyelenggaraan Pilkada serentak di wilayah Penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen.

Dalam rapat yang dihadiri oleh berbagai pejabat tinggi negara dan daerah tersebut, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan, Marsekal TNI (Purn.) Hadi Tjahjanto, menegaskan pentingnya koordinasi dan kolaborasi antara pemerintah pusat dan daerah  untuk memastikan Pilkada serentak dapat berjalan dengan aman dan lancar.

Hadi juga menyoroti pentingnya sinergi dan kolaborasi antara pemerintah, penyelenggara pemilu, peserta pemilu, dan seluruh masyarakat. “Inti dari pembahasan hari ini adalah sinergi dan kolaborasi antara pemerintah dengan penyelenggara pemilu dan peserta pemilu serta seluruh masyarakat sangat diperlukan untuk suksesnya Pilkada serentak tahun 2024,” ujarnya.

Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian mendorong pemerintah daerah (Pemda) di wilayah Papua segera penuhi kebutuhan anggaran Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Serentak 2024. Dia menegaskan, memastikan ketersediaan anggaran merupakan salah satu tugas pemerintah dalam mendukung pelaksanaan Pilkada 2024.

Rapat koordinasi ini juga membahas berbagai tantangan yang dihadapi, termasuk logistik kesehatan yang dipengaruhi oleh geografi dan demografi Papua.  Kerja dari TNI-Polri juga diperlukan untuk mendukung lancarnya kegiatan tersebut.

Sementara itu, Penjabat Bupati Welliam R. Manderi, menyatakan kesiapan Pemkab Yapen dalam menghadapi Pilkada serentak yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024. “Kami siap berkolaborasi dengan seluruh pihak terkait untuk menjamin pelaksanaan Pilkada yang aman dan kondusif,” ujarnya.

Selain Mendagri, forum tersebut juga dihadiri Menteri Koordinator (Menko) Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Polhukam) Hadi Tjahjanto yang menjadi pembicara kunci. Kemudian hadir pula narasumber lainnya dari KPU RI, Bawaslu RI, Polri, dan TNI.