Kepulauan Yapen, – TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen menggelar Kegiatan dalam Rangka Hari Gerak PKK Ke 52 tahun 2024 di Distrik Teluk Ampimoi, Rabu 17/04/2024. Kegiatan yang berlangsung ini dibawa sorotan tema “Bergerak bersama PKK, Mewujudkan Keluarga Sejahtera menuju Indonesia Maju” Dimana dilaksanakan kegiatan pada setiap Pokja yang terdiri dari 4 Pokja. Sejumlah kegiatan yang berlangsung adalah penyuluhan Kesehatan Reproduksi dan Bahaya Narkoba bagi Remaja,

Ny Yustina Manderi – Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen (Foto.Andrew)

Dalam arahannya Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen, Ny Yustina Manderi mengatakan bahwa hari kesatuan gerak PKK ke 52 pada Tahun 2024 ini berlangsung beberapa kegiatan yang dibuat di beberapa distrik, dan hari ini dari Pokja 1,2,3 dan 4 melaksanakan kegiatan di distrik teluk Ampimoi, Ny Yustina Manderi menambahkan bahwa mengingatkan begitu penting menjaga generasi muda, maka tp PKK kabupaten melaksanakan penyuluhan tentang bahaya Napza yang disampaikan langsung oleh Kasat Narkoba Polres Kepulauan Yapen, IPTU Zainudin Abubakar, S.Sos, S.H,.M.H, hal ini tak terlepas karena anak remaja harus di ingatkan tentang bahaya dari penyalahgunaan Narkoba dan ini sudah ada di kalangan masyarakat, sehingga Pengurus TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen ingin agar siswa/i di distrik Teluk Ampimoi juga bisa mengetahui melalui pemateri yang disiapkan, selain itu dilaksanakan penyuluhan tentang Kesehatan Reproduksi (infeksi menular seksual ) oleh dokter dari RSUD Serui / dr Meike Woran, SpKK.

dr Meike Woran, SpKK (kiri), IPTU Zainudin Abubakar, S.Sos, S.H,.M.H (kanan) (Foto. Andrew)

Peserta diharapkan dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik sehingga dapat menjadi penyuluh bagi siswa lain yang belum mengikuti kegiatan ini Selain itu diharapkan juga agar peserta dapat pro aktif dalam sesi tanya jawab.

 

Pj Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi, S.IP,.M.Si,. (Foto.Andrew)

Sementara itu Dalam arahannya, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Welliam R Manderi, SIP,.M.Si,. Mengatakan bahwa anak anak harus mengetahui bagian ini karena akan mewarisi generasi selanjutnya, selain itu kegiatan ini dilakukan dalam rangka HUT Kesatuan Gerak PKK ke 52 tahun dan tidak hanya di distrik Ampimoi saja. Pj Bupati Kepulauan Yapen juga memberikan apresiasi kepada ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen beserta jajarannya atas dilaksanakan kegiatan ini di Distrik Teluk Ampimoi karena berdampak untuk kemaslahatan orang banyak serta dalam rangka mengurangi akibat dari penyalahgunaan narkoba serta penyakit menular seksual lain nya yang saat ini telah ada disekitar kita ujarnya.

Pokja 2 TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen (Foto.Andrew)

Pada Kegiatan Pokja 2 Di lokasi berbeda, sejumlah anak anak dari 5 Paud se Distrik Teluk Ampimoi juga mendapat arahan dari Bunda Paud Kabupaten Kepulauan Yapen, yang juga merupakan Ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen Ny Yustina Manderi. Dirinya menyampaikan terimakasih kasih kepada pengelola dari 5 Paud dan kepada guru guru paud yang telah membimbing dan mengasuh anak anak paud, serta kepada orang tua dari anak anak. Ny Yustina Manderi juga memberikan apresiasi kepada pengelola paud dan guru guru karena dasar paling kuat dalam pendidikan adalah dimulai dari tingkat Paud ujarnya

 

Pokja 3 TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen (Foto.Andrew)

Dari lokasi Pokja 2, ketua TP PKK Kabupaten Kepulauan Yapen juga mengecek kegiatan pemanfaatan lahan pekarangan yang dilaksanakan oleh Pokja 3 di Kampung Randawaya Distrik Teluk Ampimoi dimana dilakukan pembagian benih dan bibit sayur kepada PKK Kampung. Selain itu, kegiatan Pokja 4 memberikan pembagian tablet tambah darah pada remaja putri untuk pencegahan Stunting sekaligus menutup rangkaian kegiatan di Distrik Teluk Ampimoi.

Pembagian Kapsul Tambah Darah Bagi Siswi SMP SE Distrik Teluk Ampimoi (Foto.Andrew)

Editor: Andrew Woria