Kepulauan Yapen, – MTQ adalah singkatan dari Musabaqoh Tilawatil Qur’an. MTQ dikenal sebagai sarana yang efektif untuk pengenalan dan pendalaman Al-Qur’an. Selain itu, MTQ adalah salah satu ajang seleksi mencari bibit-bibit Qori dan Qoriah terbaik yang secara berkala diselenggarakan di Indonesia.  LPP RRI (Radio Republik Indonesia) menjadi lembaga pemerintah yang menjadi pelopor dalam pelaksanaan MTQ dengan istilah PTQ (Pekan Tilawatil-Qur’an) dan secara rutin menyelenggarakannya setiap Bulan Suci Ramadhan sejak tahun 1960.

MTQ adalah tempat untuk meningkatkan keterampilan membaca dan menghafal Al-Qur’an. Tidak hanya itu, MTQ menjadi sarana yang tepat untuk meningkatkan prestasi dan prestise umat Islam serta menjadi indikator yang lebih jelas untuk meningkatkan kualitas beragama.

Pembukaan MTQ Ke XXX dan PTQ Ke 54 Tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen

Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Kepulauan Yapen Adolona Wopi, S.Th mengatakan dalam sambutannya bahwa Alquran seharusnya mendarah daging dalam diri umat Islam, terlebih anak-anak yang adalah generasi penerus, melalui kegiatan seleksi Tilawatil Quran yang merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. nantinya dipersiapkan untuk mengikuti kegiatan pada tingkat provinsi dan selanjutnya pada tingkat nasional, untuk itu kepada anak-anak peserta ia berharap bahwa dari tanggal 13 hari ini mulai pembukaan sampai pada tanggal 15 nanti dapat mengikutinya secara baik, mempersiapkan diri secara baik,  kalaupun belum bisa mengikuti kegiatan pada tingkat provinsi, setidaknya mendapat pengetahuan yang baik tentang bagaimana membaca Alquran itu sendiri, dan bagian ini menjadi bekal dalam diri setiap anak-anak yang adalah generasi penerus bangsa, penerus agama dalam melaksanakan ajaran-ajaran agama itu sendiri. ia semoga kegiatan ini semakin berkah bagi semua sekalian dalam membumikan Alquran di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Sementara itu, Dalam sambutannya, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi, S.IP,.M.Si,. dalam sambutannya yang dibacakan oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny R Tania, S.IP,. Mengatakan bahwa pemerintah Daerah mengucapkan terima kasih kepada panitia yang telah menghadirkan pihak pemerintah daerah dalam ajang ini.

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.IP,. membacakan Sambutan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen (Foto.Istimewa)

Seiring pesatnya kemajuan modernisasi dewasa ini, salah satu upaya yang dilakukan adalah melalui pelaksanaan kegiatan-kegiatan bernuansa kerohanian seperti halnya yang dilakukan oleh umat muslim Kabupaten Kepulauan Yapen melalui musyawarah Tilawatil Quran dan tekan Tilawatil Quran yang akan berlangsung di auditorium RRI mulai tanggal 13 Maret sampai 15 Maret 2024.

“Kita ketahui bersama bahwa musabaqah Tilawatil Quran dan tekan Tilawatil Quran adalah ajang kompetisi bernuansa islamiyah dalam hal membaca menghafal Alquran serta yang utama ialah menghayati dan mengamalkan ayat-ayat kitab suci Alquran yang diimani Oleh kita sebagai umat muslim sebagai petunjuk ilahi guna memperoleh kebahagiaan hidup di dunia maupun di akhirat” ujarnya

Dijelaskan Pemerintah Daerah bahwa mengingat pentingnya faedah yang diperoleh lewat kegiatan ini maka hendaklah, tidak hanya dijadikan media untuk memperebutkan siapa yang terbaik atau juara, melainkan yang terpenting adalah bagaimana kemampuan setiap umat muslim untuk menjadikan ajang lomba ini sebagai bagian dari proses peribadatan, dalam rangka lebih memperkuat iman, mendewasakan pola pikir, tutur kata serta perilaku dalam menjalani kehidupan bersama-sama umat manusia lainnya di daerah ini sesuai perintah dan ajaran Allah subhanahu wa ta’ala yang termuat dalam kitab suci Alquran.

“Saya berharap anak-anak, adik-adik semua bisa menunjukkan kemampuan yang terbaik pada ajang MTQ ke-30 dan ptq ke-54 kali ini, sehingga adik-adik semua mampu meraih prestasi membanggakan dan terpilih sebagai utusan Kabupaten Kepulauan Yapen pada event MTQ dan ptq tingkat provinsi, yang akan digelar pada waktu-waktu mendatang” ujarnya

Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen juga berpesan kepada dewan hakim agar benar-benar memberikan penilaian dan keputusan hasil yang objektif kepada semua peserta yang terbukti memiliki kemampuan layak dan pantas meraih prestasi terbaik, sesuai kriteria yang berlaku.

pada kesempatan tersebut Sekertaris Daerah, Erny R tania mewakili pemerintah daerah memberikan bantuan guna suksesnya kegiatan tersebut.

Editor : Andrew Woria