Kepulauan Yapen,– Pemerintah Daerah kabupaten Kepulauan Yapen menggelar Apel Gabungan ASN, TNI dan Polri dalam rangka HUT Satpol PP ke 74, satuan pelindung masyarakat ke 62 dan Satuan Pemadam Kebakaran ke 105 yang dipusatkan di lapangan alun-alun Kota Serui. Dimana Apel ini dihadiri secara langsung oleh Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Welliam R Manderi, S.IP,.M.Si,. sebagai Pembina Apel Gabungan tersebut tersebut, Forkompinda, Pimpinan OPD, BUMD serta Instansi Vertikal. Dalam Sambutannya, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi, S.IP,.M.Si,. Mengatakan bahwa dirinya menyampaikan selamat disertai penghargaan atas dedikasi dan kontribusi termasuk dalam mensukseskan pemilu 2024 yang berjalan aman tertib dan terkendali.

melalui peringatan ini juga menjadi momentum untuk dapat mengevaluasi dan Membenahi hal hal yang masih kurang dan belum optimal, serta memacu ketiga satuan ini untuk menghadirkan inovasi dan terobosan baru demi peningkatan integritas, kompetensi dan profesionalisme, yang bermuara pada pelayanan yang lebih humanis, lebih persuasif, dan lebih edukatif dalam urusan ketentraman ketertiban maupun perlindungan kepada masyarakat.

Guna mendukung terwujudnya harapan tersebut, maka dirinya berpesan kepada satpol pp, satlinmas, serta satdamkar, agar lebih perkuat Kordinasi, kolaborasi dan sinergitas dengan instansi lainnya baik vertikal maupun otonom serta kedepankan aspek hak asasi manusia begitu juga citra wibawa penyelenggaraan pemerintah sebagaimana yang diamanatkan dalam pancawira satya polisi dan sumpah janji linmas.

Kegiatan peringatan ini berpuncak pada tanggal 1 dan 3 Maret lalu, dan puncaknya di Kepulauan Yapen berlangsung lewat apel gabungan pada hari Senin. Selain itu dilaksanakan juga simulasi pemadaman kebakaran oleh satuan pemadam kebakaran Kabupaten Kepulauan Yapen. Dirinya berharap agar satpol PP, satlinmas, dan damkar boleh bekerja maksimal dalam penegakan Perda, ketertiban masyarakat, dan mengantisipasi serta mengurangi resiko daripada kebakaran. Sehingga sinergitas dan kondisivitas kebersamaan dalam rangka melakukan tugas-tugas tersebut dilaksanakan dengan baik. Oleh sebab itu petugas satpol PP satlinmas dan pemadam kebakaran, terus berkolaborasi baik dengan institusi Polri dan TNI maupun dengan masyarakat ujarnya.