Kepulauan Yapen, – Penjabat Bupati Welliam Manderi pada Senin pagi 26/02/2024 melakukan pertemuan di gedung silaspapare dengan ratusan guru dari tingkat SD hingga SMA  dimana pertemuan ini membahas tunjangan guru guru yang tidak dibayarkan. Dalam pertemuan tersebut dihadiri secara langsung oleh Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Kepulauan Yapen, Kepala BKPSDM, Sekretaris BKAD, serta dipimpin secara langsung oleh Asisten 2 Perekonomian dan Pembangunan Sekda Kepulauan Yapen.

Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen, Drs Zakarias Sanuari, MM,. Dalam penjelasannya mengatakan bahwa  Ada 3 tunjangan yang diterima guru guru antara lain  tunjangan profesi guru diberikan Bagi guru yang sudah memiliki sertifikasi profesi, Tunjangan non sertifikasi Diberikan guru yang belum mendapatkan sertifikat profesi dan TKG yang diberikan kepada guru guru yang mengajar di daerah 3T.

“Yang penting adalah Dapodik nya memenuhi syarat, oleh sebab itu harus baik baik dengan operatornya” ujarnya

Dijelaskannya bahwa sisa dana TKG untuk tahun anggaran 2023 masih tertahan di rekening kas daerah akibat ketiadaan SK dari Kementerian yang menjadi syarat mutlak dalam proses pencairan. dalam kesempatannya, ia mengakui adanya ketidakpuasan dan kekhawatiran di kalangan guru terkait distribusi TKG, namun dirinya meminta agar semua pihak bersabar dan memahami prosedur yang ada. rapat tersebut berlangsung dalam suasana yang aktif dan terarah dengan harapan masalah distribusi ini dapat segera teratasi dan tidak ada lagi kekhawatiran terkait penyalahgunaan dana pendidikan tersebut

Sementara itu, usai mendengarkan keluhan dari para guru guru ini, Penjabat Bupati Welliam Manderi ketika dikonfirmasi Mengatakan bahwa  dari penjelasan yang disampaikan ini, akan ditentukan langkah langkah apa yang akan ditempuh, selain itu Dalam arahannya Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi mengatakan bahwa Berterima kasih atas waktu yang diluangkan para guru guru ini untuk pertemuan serta mendengarkan secara langsung terkait permasalahan yang dihadapi.