Prokopim Setda Yapen, Serui – Penjabat (Pj) Bupati Welliam R Manderi, SIP., M.Si melakukan pertemuan terkait Pemalangan jalan masuk Bandara Udara Kamanap Stevanus Rumbewas yang di palang oleh Suku Busami yang memiliki Hak Ulayat, bertempat Ruang Rapat Sekda, pada Senin (26/02/2024).

Turut hadir juga Sekda Kepulauan Yapen Erny R Tania, S.IP., Kapolres Yapen AKBP Herzoni Saragih, S.I.K, MH., Dandim 1709/Yawa Letkol Inf Baskoro Wijaya Admanto, S.E., Asisten II Oktovianus Ayorbaba, SE, S.Sos, M.Si., dan Kabag tapem hadir mendampingi dan membawa data, serta pemilik Hak Ulayat tanah bandara kamanap.

Dalam pertemuan tersebut, PJ Bupati Welliam Manderi menyampaikan kepada Pemilik Tanah Ulayat yang meliputi marga Rumbewas, marga Korwa dan marga Songgini Suku Busami agar bisa membuka palang pada Bandara Kamanap, pihak pemilik tanah harus bersabar dan bijak dalam menuntut haknya tanpa menggangu fasilitas umum.

“Kita akan turun langsung ke lapangan bersama pihak terkait dan pemilik Hak Ulayat untuk bisa melihat bersama bagian mana yang menjadi kendala, tinggal tentukan waktu kapan harus meluncur. Karena saat ini Pemerintah Daerah sedang fokus mengawasi jalanya proses Pemilu 2024” Ujur Weliiam Manderi.