Kepulauan Yapen, – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen pada hari Senin 19 Februari 2024 di Jayapura mengikuti kegiatan Rapat Koordinasi Pengendalian Inflasi, stunting dan kemiskinan ekstrem Provinsi Papua yang berlangsung di Swiss belhotel kota Jayapura. Acara ini juga dihadiri langsung oleh Penjabat Gubernur Provinsi Papua Muhammad Ridwan Rumasukun. Rapat koordinasi ini tidak terlepas dari tantangan utama yang dihadapi bersama yaitu tingginya angka stunting, laju inflasi yang tidak terkendali, serta tingkat kemiskinan yang cukup tinggi di Provinsi Papua.

Program penanganan stunting inflasi dan kemiskinan menjadi program nasional dan daerah, yang perlu mendapat perhatian serta penanganan serius. Di mana dalam rapat koordinasi ini Penjabat Gubernur mengajak semua Kepala Daerah bersatu dalam semangat gotong royong, dan komitmen yang kuat untuk mengatasi stunting inflasi dan kemiskinan.

Dalam kesempatannya, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Welliam Manderi pada pemaparannya menjelaskan bahwa perkembangan kondisi stunting yaitu jumlah balita yang diukur dengan jumlah balita stunting serta prevalensi stunting mengalami penurunan  darib 5.99% mengalami penurunan sebesar 0,71% dibanding pada bulan Desember tahun 2023.  lalu hal ini tidak terlepas karena ketersediaan regulasi yang mendukung percepatan penurunan stunting di Kabupaten Kepulauan Yapen ujarnya.

Sementara dalam perencanaan di tahun 2024 ini dijelaskan Welliam Manderi bahwa pemerintah telah mengalokasikan anggaran untuk percepatan penurunan stunting sebesar Rp. 50.611.846.420,-  sementara perkembangan persentasi dengan jumlah penduduk kemiskinan sejumlah langkah kongkret akan diambil oleh pemerintah kabupaten kepulauan Yapen, dengan menyediakan regulasi yang ada, identifikasi data kemiskinan dapat juga menentukan lokasi fokus penanggulangan kemiskinan. monitoring evaluasi terintegrasi seluruh OPD di kepulauan Yapen untuk memastikan program, kegiatan serta anggaran penurunan kemiskinan  yang tersedia dan bisa terukur, serta meningkatkan kemampuan pendapatan masyarakat miskin dengan cara membuat pelatihan dan memberikan modal usaha. Pemerintah kepulauan yapen juga berusaha untuk membangun rumah bagi masyarakat miskin dengan bantuan bahan bangunan rumah lainnya.

Selain itu Penjabat Bupati Kepulauan Yapen juga menyampaikan perkembangan inflasi di Kabupaten Kepulauan Yapen dalam rapat koordinasi tersebut di Jayapura, antara lain terkait dengan data perkembangan inflasi. ia juga menyampaikan langkah konkrit dan strategi pelaksanaan pengendalian inflasi tahun 2023 dan rencana di tahun 2024 antara lain mendukung tugas TPID melalui ketersediaan regulasi, pengendalian harga dan barang yang menjadi kebutuhan masyarakat, di mana pemerintah daerah dalam rangka mengendalikan harga barang dan jasa yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah melakukan pemantauan harga di pasar, pedagang grosir, agen, dan supermarket. untuk memastikan kestabilan harga melakukan pemantauan stok di pasar, pedagang, grosir, agen, dan juga supermarket serta operasi pasar murah dan sidak.