Kepulauan Yapen, – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Welliam R Manderi, S.IP,.M.Si,. melakukan launching Penyaluran Cadangan Beras untuk bantuan pangan. Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi dalam sambutannya mengatakan bahwa melalui bantuan pangan dari pemerintah ini, maka sebagai masyarakat penerima manfaat harus bersyukur karena pemerintah boleh memberikan bantuan ini kepada masyarakat. Selain itu, Penjabat Bupati menyampaikan bahwa kegiatan ini adalah untuk kepentingan orang banyak.


Penyerahan bantuan Pangan ini sebagai tindak lanjut dari Surat Kepala Badan Pangan Nasional, tanggal 22 November 2023 tentang penyaluran cadangan pangan Pemerintah dalam rangka bantuan pangan beras dan pada hasil rapat kordinasi bersama dinas ketahanan kepulauan Yapen bersama Bappeda. Pemberian bantuan ini adalah upaya yang dilaksanakan oleh pemerintah dalam menjaga stabilitas pangan, terlebih khusus untuk ketersediaan beras di masyarakat, sekaligus pengendalian dari dampak yang ditimbulkan karena inflasi. Lebih lanjut pejabat bupati juga menambahkan bahwa ketika didistribusikan kepada masyarakat, harus benar-benar tepat sasaran. Pj Bupati meminta agar penyaluran beras ini harus tepat sasaran dan jangan sampai ada ASN yang mendapat, sehingga perlu dikawal sampai di lapangan ungkapnya.

Sementara itu Kepala Cabang Perum Bulog Serui, Karennu dalam sambutannya mengatakan bahwa hari ini merupakan hari dimana disalurkan secara perdana penyaluran  cadangan beras 2024, ada 2 tahap yang akan disalurkan dimana untuk tahap pertama,  untuk alokasi bulan Januari – hingga Maret, dan dengan menyesuaikan pada apbn maka akan dilakukan penyaluran tahap kedua untuk periode bulan april hingga juni. Karennu menambhakan bahwa, tahun 2024 ini  bantuan pangan mengalami kenaikan sebanyak 3% jika dibandingkan dengan tahun 2023. 257.700 kilo, mengalami kenaikan sebanyak 265.640 kilo, hal ini dikarenakan penyesuaian data dari Bappeda, Kementrian PMK, BKKN, sehingga harus disyukuri dengan kenaikan 3% ini dapat menjangkau para penerima bantuan yang belum diakomodir pada 2023.

Bulog juga telah menyiapkan stok yang kemudian akan disalurkan kepada transporter, dan di tahun 2024 ini penyaluran bantuan pangan ini akan ditangani langsung oleh transporter dari PT Yasa Trimanunggal, selanjutnya  pihak transporter akan berkoordinasi dengan kepala distrik dan kelurahan. Karennu berharap penyaluran bantuan pangan ini dapat bersinergi dengan pihaknya sebagai penyedia stock, transporter PT Yasa yang juga akan berkoordinasi dengan aparat keamanan, dan kejaksaan terkait dengan pengawasan karena ada subsidi pemerintah. Secara khusus di Kabupaten Kepulauan Yapen, Pihaknya juga telah menyiapkan 189 ton untuk Yapen dimana
Setiap keluarga akan menerima 10 kilo per KK.