Kepulauan Yapen, – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam R Manderi pada, Rabu Malam 03/01/2024, pukul 21.00 WIT melakukan inspeksi mendadak untuk ke 2 kali nya di Rumah Sakit Umum Daerah Serui. Ketika tiba di ruangan Instalasi Gawat Darurat, Welliam Manderi langsung mengecek pelayanan di IGD dan juga menjumpai beberapa pasien yang tengah dirawat. Lepas dari IGD, didampingi oleh Direktur RSUD Serui dr Jhonny B Abaa, penjabat Bupati Welliam Manderi juga mengecek beberapa ruangan lainnya, seperti Ruangan Rawat nginap anak, Ruangan Bedah, serta ruangan bersalin.

Kepada media, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Welliam R Manderi menjelaskan bahwa awal tahun ini, dirinya berkesempatan untuk melihat kondisi rumah sakit, dan ternyata ada sedikit banyak pasien di IGD, dengan kondisi sakit demam, malaria, dan beberapa anak anak yang mengalami diare dan telah dilakukan penangan penangan, dan selaku penjabat Bupati, dirinya berharap agar dalam penanganan ini, obat juga tersedia, karena ini baru diawal tahun, sehingga semua persediaan pelayanan di rumah sakit ini menjadi prioritas ujarnya.

Welliam menambahkan hal lain yang berkaitan dengan anggaran, akan dibicarakan kemudian karena ini diawal tahun. Dalam sidak kali ini ada ditemukan pasien lakalantas dari waropen yang kemudian dirujuk ke serui yang juga belum ada dokter ortopedi, dan harus dirujuk kebiak tetapi telah dilakukan langkah langkah penanganan di Serui. Selain itu berkaitan dengan pasien yang dari luar daerah harus dibicarakan bersama pemerintah daerah setempat.

Ketika ditanyakan terkait tidak adanya dokter spesialis penyakit dalam dan spesialis radiologi di RSUD Serui, dijelaskan oleh Kasat Pol PP Provinsi Papua ini, bahwa akan dibicarakan bagian ini dan dilengkapi sehingga kebutuhan akan dokter ini menjadi perhatian.