Kepulauan Yapen – PSPPR UGM telah Melakukan forum konsultasi publik Rancangan awal RPJPD Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2025-2045, yang di buka langsung Penjabat Bupati Welliam R Manderi, SIP, M.Si., di gedung Silas Papare, pada 27 November 2023.

Tim PSPPR UGM dipimpin oleh Ir. Sutrisno, M.E.S., sebagai koordinator. Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Yapen diwakili Sekretaris Bappeda Jusly P. R. Tanawani, S, STP, MM., sebagai moderator. Turut hadir juga, kepala dinas seluruh perangkat daerah di Kabupaten Kepulauan Yapen atau yang mewakili, maupun Kepala-Kepala Distrik atau yang mewakili, Tokoh Adat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda dan BUMN/BUMD.

Dalam sambutanya Penjabat Bupati Welliam Manderi mengatakan Penyusunan Rancangan Awal RPJPD Kabupaten Kepulauan Yapen 2025-2045, merupakan amanat dari undang-undang Nomot 25 Tahun 2004 tentang sisitem perencannaan pembangunan nasional dan peraturan Menteri dalam Negeri Nomor 86 Tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan Daerah.

Ia menjelaskan tata cara evaluasi rancangan peraturan Daerah, teknis penyusunan rancangan awal RPJPD yang diatur dalam Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 pasa 18 tentang penyusunan rancangan awal RPJPD forum konsultasi publik, rancangan awal rencana pembangunan jangka panjang Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen 2025-2045.

Ia pun berpesan ini merupakan tahapan yang harus kita lakukan sesuai dengan amanat peraturan menteri dalan Negeri Nomot 86 Tahun 2017 0asal 21, dimana ranxangan awal RPJPD dibahas tim penyusunan bersama perangkat Daerah untuk memperoleh masukan guna penyempurnaan rancangan awal RPJPD.

Diakhir sambutanya ia berharap penyusunan rancangan awal RPJPD Kepulauan Yapen Tahun 2025-2045 bertujuan untuk merumuskan visi, misi, arah kebijakan dan sasaran pokok Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen 20 Tahun ke depan, yang akan mengawali dengan periode pertama bupati yang akan dipilih, pada pemilihan kepala daerah pada tahun 2024 mendatang.