Kepulauan Yapen – Sebagai Agenda Rutin setiap Minggu menutup akhir minggu kerja, Ratusan ASN di Lingkungan Pemerintahan Kabupaten Kepulauan Yapen mengikuti Apel Gabungan ASN Jumat pagi, 17 November 2023. Apel kali ini berbeda dari sebelumnya karena Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Welliam Manderi, S.IP,.M.Si,.sebagai Pembina Apel melakukan Pengecekkan secara langsung jumlah ASN Masing Masing OPD yang dilaporkan secara langsung oleh sekretaris masing masing OPD. Menjadi sorotan baginya bahwa sebagian besar ASN tidak mengikuti apel Gabungan ASN.

“Yang tidak masuk apel hari Selasa, dan yang tidak masuk hari Jumat pagi ini, kasih data ke saya, saya mau kasih mereka apel siang ini” ujarnya

Lebih lanjut dalam arahannya juga menyampaikan sejumlah stresing bagi ASN menjelang akhir tahun karena ada sejumlah agenda penting yang harus dilakukan. Dirinya berharap agar ASN tetap semangat masuk kantor untuk melaksanakan tugas dan tanggungjawab karena ini menjadi ukuran, disiplin kinerja menjadi hal yang sangat penting.

 

Pj Bupati juga menyinggung soal TPB bahwa  ini diberikan pemerintah karena melihat kinerja, oleh karena itu Welliam berharap agar bagi ASN yang tidak pernah masuk kantor tidak boleh menerima TPB, sehingga dapat memberi efek jera, dan kepala OPD diharapakan memperhatikan hal ini.

Hal lainnya yang disampaikan Manderi adalah  agar masing masing OPD dan sekretaris OPD segera berkordinasi dengan TAPD terkait Pergeseran perubahan APBD dan penyelesaian RAPBD 2024 dengan harapan bagi TAPD pada Minggu besok KUA-PPAS 2024 sudah bisa di tandatangani oleh nya.

Hal lain yang mendapat cacatan bagi Penjabat Bupati Welliam Manderi adalah terkait pendidikan dimana Dirinya mengingatkan kepala dinas pendidikan dan kebudayaan agar harus banyak turun kelapangan dan  melihat situasi di lapangan, hal ini tidak terlepas ketika beberapa waktu lalu, ia  mengecek SD Kanawa yang dilaporkan tidak ada guru yang mengajar disana.

 

“Dinas P dan K,  saya berharap turun ke lapangan, Jangan tinggal di Kantor Saja, kadis segera kasih nama nama kepala sekolah yang masih PLT sehingga saya proses pelantikan mereka” ujarnya

Hal lain nya yang menjadi point penting adalah Berkaitan dengan pekerjaan fisik, dimana  Welliam Manderi berharap agar dapat diselesaikan, dan kalau memang tidak bisa, jangan dipaksakan sehingga tidak terjadi masalah ujarnya

Kepada Bappeda, Pj Welliam Manderi juga meminta agar Bappeda dapat melaporkan ke PJ Bupati terkait peruntukan dana Otsus, jangan diatur sendiri ucapnya tegas.

Foto : Andrew Woria