Serui – Mewakili Pemerintah Daerah Sekda Kepulauan Yapen Erny R Tania, S.IP, membuka secara resmi kegiatan Jambore Kader Malaria yang dilaksanakan oleh Persatuan Karya Dharma Kesehatan Indonesia (PERDHAKI) dan di ikuti 100 Kader Se Kabupaten Kepulauan Yapen di Gedung Silas Papare Serui, Senin (23/10/2023).

Dalam sambutanya Erny tania menyampaikan bahwa Pemerintah Daerah menyambut baik kegiatan jambore kader malaria dalam Upaya percepatan elimiasi malaria ditahun 2027 dikepulauan Yapen menuju kampung bebas malaria, dijelaskan Sekda bahwa berdasarkan data dinas kesehatan diketahui jumlah kasus malaria di kepulauan Yapen Tahun per september tahun 2023 sebanyak 12.562 kasus, di bandingkan dengan tahun 2022 yaitu sebanyak 20.204 kasus yang artinya telah terjadi penurunan sebanyak 7642, sehingga dirinya memberikan apresiasi kepada kader malaria yang telah bekerja keras,dimana hal tersebut tidak terlepas dari fungsi kader malaria dalam masyarakat program malaria PERDHAKI Kabupaten Kepulauan Yapen yang sudah berjalan sejak tahun 2018.

Erny tania berharap kegiatan ini dapat meningkatkan kapasitas dan fungsi para kader sekaligus tercipta kordinasi, sinergritas dan komitmen para kader didesa dan tingkat kabupaten untuk bersama sama melaksanakan program malaria PERDHAKI guna meminimalisir jumlah kasus malaria yang masih ada, Ia juga pesankan agar para kader menggunakan waktu yang tersisa 3 tahun untuk lebih mengoptimalkan peran dan tugas setiap komponen penggerak percepatan eliminasi malaria.

Kegiatan Jambore dilaksanakan mulai 22-23 Oktober 2023 di hadiri Oleh Sekretaris Daerah Erny Tania, S,IP, Asisten I Sekda Ir Edi Mudumi, Asisten III Sekda, Ir Wahyudi Irianto ,Ketua Panitia Jambore Anton Kareba, Sekretaris Dinas Kesehatan yang diwakili oleh dr. Andi Raya Sarjatno.Program Manager Primari Krisna Toharihadi, M. Zaid Alherisyah dari Unicef, para Kepala Kampung, dan 97 Kader Malaria Kabupaten Kepulauan Yapen.