Sarmi – Launching Sail Teluk Cendrawasih (STC) kembali di gelar, kali ini sebagai tuan Rumah Kabupaten yang dikenal dengan julukan Seribu Ombak yaitu Kabupaten Sarmi pada Hari Selasa 19/09/2023

Dalam Pagelaran Bergengsi dikawasan Teluk Cenderawasih ini, turut hadir dan berpatisipasi Tim STC dari Kepulauan Yapen yang terdiri dari Ketua STC Yapen, Ir Edi N Mudumi, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Tania, SIP, Kapolres Yapen AKBP Herzoni Saragih, S.I.K., M.H. , Kepala Kejaksaan Negeri Serui Hendry Marulitua, S.H,.M.H .Dandim Yapen Waropen Letkol Inf Catur Prasetyo Nugroho, S.IP, M.I.P.

Saat ditemui usai Pagelaran Ketua Panitia STC Serui, Edi Mudumi melaporkan bahwa untuk stand Kepulauan Yapen menghadirkan salah satu komoditi unggulan yaitu kopi Ambaidiru berupa greenbeen, bubuk dan siap saji.

“Luar biasa dalam kurun waktu kurang lebih 4 jam (Kopi Ambaidiru) kita sudah dapat meraup keuntungan sebesar lima juta rupiah dari penikmat Kopi yang hadir di STC Sarmi ini”Ucapnya.

Tidak hanya itu produk lainya seperti Chesee Stick, Keripik hasil olahan Rumput laut dan Sari Buah Merah berserta olahannya berupa Kue Pia juga dihadirkan dalam stand STC Kepulauan Yapen.

Selain itu Edi juga menyampaikan STC Yapen kali ini menghadirkan pelaku UMKM dan Usaha Mikro Kecil Menengah, juga dari Perindag Kepulauan Yapen dengan menghadirkan IKM nya serta Ekokraf yang menghadirkan beberapa produk berupa aksesoris diantaranya ikat kepala, manik-manik dan lain sebagainya.

STC kali ini di Sarmi cukup fantastis dimana berhasil memecahkan record dengan menghadirkan sebanyak 20.000 buah kelapa dan Bagi-bagi Udang Gratis dengan jumlah total berat 1,7 Ton.