Dalam rangka HUT panjang ke- 40 tahun serangkaian kegiatan di gelar di antaranya Karnaval Budaya yang mengikutsertakan
1500 peserta Tampil pada Karnaval Budaya di serui, Sabtu (26/8/2023).

Kegiatan karnaval Panjawi ini penampilan Drumband dari SD Yapis Serui, juga anak anak yang berseragam profesi dan adat daerah,danPaguyuban yang ikut serta juga tak kalah kreatif dengan menggunakan pakaian adat dan Mobil yang dihias seperti rumah adat dari Daerah Masing masing. Turut Hadir pada Festival Budaya Penjabat Bupati Cyfriyanus yang diwakilkan oleh Sekretaris Daerah Erny Tania, S.IP, Wakapolres Nursalam Saka, Dandim 1709/Yawa Letkol inf Catur Prasetiyo Nugroho, Anggota DPRD Kepulauan Yapen Roy Nasrullah dan Para Pimpinan OPD.


Mewakili pj bupati dalam sambutannya sekda kab yapen MENGUCAPKAN “SELAMAT” HARI LAHIR PANJAWI KE-40, DAN TERIMA KASIH ATAS INISIATIFNYA UNTUK MENGELAR KARNAVAL BUDAYA HARI INI YANG MENGIKUTSERTAKAN 23 KOMUNITAS BUDAYA LAIN YANG ADA DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN. dirinya juga menambahkan,kegiatan ini tidak hanya menjadi sebuah seremoni saja namun BERRDAMPAK PADA 3 (TIGA) HAL, YAITU;

PERTAMA, TERTANAM TERUS KECINTAAN DAN KEBANGGAAN TERHADAP BUDAYA INDONESIA SEHINGGA TIDAK MUDAH TERKIKIS OLEH PENGARUH BUDAYA LUAR MELAINKAN LESTARI DAN TETAP MENJADI JATI DIRI BANGSA.
KEDUA, TERJALIN TERUS TOLERANSI, KEHARMONISAN DAN KERUKUNAN HIDUP DITENGAH KEBHINEKAAN YANG ADA DI KABUPATEN KEPULAUAN YAPEN DEMI UTUHNYA PERSATUAN BANGSA DALAM BINGKAI NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA TAPI JUGA UNTUK MENJAGA KOTA SERUI TETAP MENJADI KOTA ZONA DAMAI DI TANAH PAPUA.
KETIGA ATAU YANG TERAKHIR, KITA BISA LEBIH MENGENAL DAN MENGETAHUI KEBERAGAMAN SUKU BUDAYA YANG ADA DI DAERAH INI SEBAGAI BAHAN EDUKASI KEPADA MASYARAKAT BAHWA KOTA SERUI, MESKIPUN KOTA YANG KECIL TAPI DIHIASI OLEH WARNA-WARNI KEBHINEKAAN YANG INDAH”

Terima kasih kepada pemerintah serta seluruh lapisan masyarakat yang telah membantu dalam berpartisipasi dalam karnaval budaya tahun ini, kami memberikan apresiasi kepada hampir 30 kerukunan diluar Panjawi yang telah bergabung dalam kegiatan Karnaval budaya ini. Semoga kedepannya panjawi serta masyarakat kabupaten Kepulauan yapen dapat menuju masyarakat yang adil dan makmur. Ucap Ketua Panitia Heri Setiawan saat di wawancarawai