Serui – PSPPR UGM telah Melakukan paparan laporan pendahuluan rancangan awal RPJPD Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2025 – 2045, yang dibuka langsung Asisten III Ir. Whayudi Irianto mewakili Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay,S,Pd.M,Si, bertempat Gedung Silas Papare, pada 14 Agustus 2023.

Tim PSPPR UGM dipimpin oleh Ir. Sutrisno, M.E.S., sebagai koordinator. Kepala Bappeda Kabupaten Kepulauan Yapen diwakili Sekretaris Bappeda Jusly P. R. Tanawani, S, STP, MM., sebagai moderator. Turut hadir juga, kepala dinas seluruh perangkat daerah di Kabupaten Kepulauan Yapen atau yang mewakili, maupun Kepala-Kepala Distrik atau yang mewakili.

Dalam sambutan Penjabat Bupati, dalam hal ini Asisten III Ir. Whayudi Irianto menjelaskan agar kita ketahui semua, RPJPD Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2005 – 2025 Akan berakhir di Tahun 2025, Sehingga perlu penyusunan RPJPD Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2025 – 2045 sebagai mana di atur dan juga ia sangat berterima kasih pada Tim Pusat Studi Perencanaan Pembangunan Regional yang sudah meluangkan waktunya.

oleh sebab itu ia mengatakan yang sudah di tetapkan Undang-Undang Nomor: 25 Tahun 2004 dan peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor: 86 Tahun 2017, sehingga di tahun 2023 Pemerintah Darah telah memulai dengan penyusunan RPJPD Tahun 2025 – 2045, sebagaimana yang diamanatkan dalam Permendagri No. 86 Tahun 2017 pasal 18 tentang penyusunan awal RPJPD dilaksanakan paling lambat 1 (Satu) Tahun Sebelum berakhirnya periode RPJPD sedang berjalan.

Ia pun berpesan, tujuan rencana awal RPJPD dibuat guna merumuskan misi, visi, arah kebijakan dan sasaran pokok daerah kabupaten Kepulauan Yapen 20 Tahun kedepan, penyusunan rencana awal RPJPD Kepulauan Yapen 2025 – 2045 sangat penting karena akan di jadikan pedoman bagi para calon Kepala Daerah yang akan maju dalam kntestasi pemilihan Kepala Daerah pada 4 (Empat) periode Kepala daerah dalam menentukan visi dan minyak yang akan dituangkan dalam RPJMD jika nanti terpilih menjadi Kepala Daerah.

Diakhir sambutanya  ia berharap kepada para peserta untuk dapat serius dan benar-benar mengikuti kegiatan ini, agar dapat memberikan masukan dan saran terhadap Tim Penyusunan Rencana Awal RPJPD Kabupaten Kepulauan Yapen demi kesempurnaan RPJPD di Yapen, ia juga tegaskan secara khusus kepada Kepala OPD, untuk memberikan dukungan penuh berupa Data-Data yang diperlukan dan fokus didalam diskusi dan berkordinasi dalam proses perencanaan agar terbangunya sinergitas dalam RANWAL RPJPD.

Foto : Humas Pemda