Humas  

Asisten I Membuka Bimbingan Teknis Akreditasi RSUD Serui Bersama LAM-KPRS

Serui – Asisten 1 Ir. Edi Nico Mudumi, M.Si, mewakili Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay, S,Pd.M,Si, menghadiri serta membuka acara bimbingan teknis akreditasi rumah sakit Serui yang di bimbing oleh LAM-KPRS (Lembaga Akreditasi Mutu Dan Keselamatan Pasien Rumah Sakit), dr. Eka, dr. Sarvita Dewi dan dr, Yunier Salim yang akan memberikan bimbingan.

Pada 11 Agustus 2023, di gedung pertemuan RSUD Serui, Di hadiri Asisten 3, Wakil 2 DPRD Yapen, Direktur RSUD, Serta peserta bimbingan.

Dalam sambutan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen dalam hal ini Asisten 1 Menjelaskan tentang kemajuan RSUD Serui tentunya menjadi harapan kita bersama, kemajuan dari sisi pelayanan maupun ketersediaan sarana dan prasarana agar Masyarakat dapat menerima pelayanan kesehatan yang optimal dan memuaskan hingga RSUD Serui terbilang cukup baik sehingga di nilai telah terakreditasi sesuai peraturan yang berlaku.

Ia pun mengatakan yang sudah di ketahui RSUD Tahun 2018/2019 lalu, sesuai ketentuan yang berlaku akan dilakukan Re-Akreditasi atau Akreditasi ulang dalam melengkapi kekurang yang masih ada di rumah sakit, melalui pembimbingan dari lembaga independen penyelenggara akreditasi yang di tetapkan Menteri Kesehatan RI yaitu LAM-KPRS.

Oleh sebab itu ia menjelaskan berdasarkan peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor: 12 Tahun 2020 tentang akreditasi rumah sakit diamanatkan bahwa perlu penyempurnaan terhadap penyelenggaraan akreditasi yang berkelanjutan serta melindungi pasien di rumah sakit, kaitannya dengan amanat tersebut maka akreditasi rumah sakit dilaksanakan secara berkala setiap 4 tahun dengan tujuan agar hal-hal prinsip yang terkait dengan pelayanan rumah sakit yang dinilai masih kurang, perlu di benahi dan di tingkatkan.

Di akhir sambutanya, ia sangat berterima kasih kepada LAM-KPRS yang telah sedia meluangkan waktu dan tenaganya untuk memberikan mimbingan kepada para petugas medis dan non medis pada RSUD Serui. Ia pun berpesan bagi para peserta agar serius dan jalin komunikasi yang baik selama mngikuti bimbingan akreditasi ini. Ia juga berharap selama 3 hari bimbingan, akan menghasilkan hasil yang maksimal guna melengkapi kekurangan yang masih ada di RSUD Serui dalam akreditasi.

Foto : Ronal Tabamolu