Serui – Sebagai Sekolah Tinggi Pertama di Kabupaten Kepulauan Yapen, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Ottow dan Geissler Serui terus meningkat Kualitas dan Mutu pendidikan, dimana salah satu upayanya yaitu dengan dilakukannya assessment Lapangan. Asesmen lapangan sendiri merupakan proses akreditasi yang bertujuan untuk melakukan verifikasi, validasi dan klarifikasi terhadap data dan informasi yang tertulis pada Laporan Evaluasi Diri (LED) serta melakukan penilaian lapangan hal ini disampaikan oleh Dr Paulus Basuki Hadi, P.MBA, M.Sacc, Akt dari universitas Diponegoro selaku asseletor pada kegiatan Assesmen Lapangan di Ruang Senat STIE OG Serui, Rabu 5/7/2023.

Renaldo Piris, SE, M.Si Ketua STIE Ottow dan Geissler pada kesempatan ini menjelaskan bahwa dirinya bersama seluruh dosen pengajar Berharap melalui kegiatan ini dapat mengambil hikma dan kedepannya dapat maju dan berkembang untuk pengembangan SDM di Kabupaten Kepulauan Yapen kedepannya. Pada Kesempatan tersebut, Mewakili Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen, Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay, S.Pd,.M.Si., terpantau menghadiri Pembukaan kegiatan Assesmen Lapangan STIE Ottow dan Geissler Serui Tahun 2023.

Pj Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd,. M.Si,. menyampaikan bahwa pemerintah daerah memberikan apresiasi dan penghargaan kepada assesor yang memberikan perhatian dari tahun ke tahun dalam rangka meningkatkan kualitas mutu pelayanan dan terkait dengan perbaikan kualitas dari management pendidikan. Akreditasi ini sesungguhnya untuk memberikan penilaian dan bobot. Sebagai pemerintah menyambut baik untuk proses yang akan berlangsung dihari ini.Lebih Lanjut, Pj Bupati Kepulauan Yapen ini menyampaikan bahwa Dirinya Sebagai Salah satu Putra daerah, mengharapkan ada capaian lebih baik bagi STIE OG Serui, serta mendukung kedepannya nanti dalam rekomendasi Assessment Lapangan ini dalam penilaian ada bagian yang ke arah yang baik dan dapat lebih maju. Baginya sebagai pemerintah daerah dalam masa transisi akan terus mendukung terselenggaranya proses pendidikan di lembaga ini.

“Saya pikir kita harus membangun universitas untuk mengakomodir semua yang ada, karena kota pendidikan pertama di Papua ada di Yapen , dan sebagai pemerintah daerah akan mendukung. Karena STIE OG adalah aset perguruan tinggi pertama di kabupaten kepulauan Yapen. STIE juga telah meluluskan ribuan sarjana, tetapi STIE masih seperti biasa biasa saja sehingga sebagai pemerintah saya sangat mendukung, dan mengajak bersinergi di masa kepemimpinan saya” ujarnya

Pj Bupati Mambay juga mengatakan bahwa Patut dibanggakan karena STIE OG adalah sekolah tinggi yang mandiri walaupun tidak banyak mendapatkan subsidi dari pemerintah, Pj Bupati juga memberikan apresiasi kepada Ketua STIE dan para dosen. Assesmen lapangan STIE Ottow dan Geissler Serui ini berlangsung di ruang senat kampus STIE OG bersama Tim Assessment Lapangan Perguruan tinggi Antara lain Prof Dr Yunus Amar, M.SE, MT universitas Hasanuddin, dan Dr Paulus Basuki Hadi, P.MBA, M.Sacc, Akt prof Yunus Dari Universitas Hasanuddin Selaku Assesor, Dr Paulus Basuki Theodorus Hadi menyebutkan bahwa Acara ini bersifat rutin dan harus rutin dikerjakan oleh Perguruan Tingi untuk memperbaiki kualitas nya, kehadiran bukan mengaudit tetapi memverifikasi apa yang telah di submit oleh perguruan tinggi. Dan perguruan tinggi ini bisa memberikan manfaat bagi masyarakat di kabupaten kepulauan Yapen.

Foto : Andrew Woria