Serui – Dalam rangka hari pangan nasional yang di selenggarakan serempak seluruh Indonesia Dinas ketahanan Pangan dan Bulog mempersiapkan bahan Pangan Murah bagi masyarakat, di Distrik Kosiwo kampung Ariepi pada senin 26 Juni 2023.

Dalam sambutan Kepala Dinas Ketahanan Pangan Jeffry M.B Manderi,SE kegiatan pasar murah ini berkaitan dengan komoditi-komoditi yang menyangkut langsung dengan inflas seperti beras, gula, minyak goreng, bawang merah/putih, cabe rawit/merah. Tetapi juga ada komoditi lain yang di usahakan agar bisa di jual di kampung ariepi, kiranya pasar murah ini bisa memberi dampak yang baik bagi masyarakat. Ia juga berterima kasih kepada PJ Bupati yang sudah merespon kegiatan ini sehingga bisa berjalan dengan baik.

Kepala Perum Bulog Sarman, SE menjelaskan gerakan pangan berlangsung serentak di seluruh indonesia, pada Juni 2023, kegiatan ini bekerja sama dengan Badan Pangan Nasional, Pemda, dan Perum Bulog sebagai penyedia komodit, yang bertujuan untuk hari besar keagamaan, maupun membantu masyarakat mendapat komoditi-komuditi yang terjangkau.

“Berbeda dengan Kabupaten Lain, Pemda Yapen menyiapkan beras subsidi premium untuk konsumen akhir. Untuk jumlah total alokasi Mei hingga Juni sebanyak 175 ton.

Harga Bahan Pangan sebagai berikut.
Beras subsidi premium 20 Kg per karung Rp 190.000, gula pasir per kg Rp 14.500,Untuk minyak goreng per liter Rp14.000, bawang merah per kg Rp 50.000, bawang putih per kg Rp 40.000, cabe rawit per Kg Rp85.000, dan cabe merah besar per kg Rp 90.000,.

Foto : Humas Yapen