Serui – Bakesbangpol Kepulauan Yapen melaksanakan Rapat Pemantauan Pelaporan Perkembangan Politik Di Daerah dan Pemilihan Umum. Kegiatan ini berlangsung di ruang rapat kantor Kesbangpol Yapen pada hari Jumat, 26 /05/2023.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kepulauan Yapen, Sonny A Woria menjelaskan bahwa sesuai dengan permendagri no 11 tahun 2011 tentang tim pemantauan pemilu, diharapkan Kesbangpol sebagai ketua tim, penanggung jawab dan pengarah adalah Pj Bupati dan Sekda dan telah di SK kan lewat SK Bupati No 137 Tahun 2023 tentang pembentukan tim pemantau pemilu. Dijelaskan Woria bahwa Tim ini dibentuk dengan maksud dan tujuan,  untuk seluruh proses tahapan pemilu yang dilakukan mulai tingkat kabupaten, maupun di tingkat distrik Samapi kampung. Tim tersebut melibatkan beberapa OPD dan seluruh kepala kepala distrik sehingga diharap ada laporan laporan secara berjenjang  dari distrik ke kabupaten melalui Pj Bupati, dan di tim untuk melihat situasi dan keadaan sosial politik yang terjadi di wilayah distrik Masing masing.

Hal ini maksudkan untuk menjaga agar setiap tahapan yang dilakukan oleh KPU dan Bawaslu berjalan sesuai dengan aturan yang ada dan apabila berjalan dengan baik maka diharapkan bahwa pemantauan yang dilakukan ini akan memperkecil tingkat kesalahan yang terjadi dalam tahapan pelaksanaan pemilu sendiri.

Foto : Humas Yapen