Raimbawi – stunting merupakan gangguan pertumbuhan yang umum disebabkan oleh masalah nutrisi kronis sejak anak-anak berada dalam kandungan hingga 2 tahun gejala pertumbuhan ini dapat diketahui melalui cara mengukur stunting adalah dengan menggunakan berat badan menurut tinggi badan tinggi badan menurut usia dan berat badan menurut usia. sebagai upaya dan usaha dalam mempercepat penurunan angka stunting di Kabupaten Kepulauan Yapen dan menindaklanjuti pengukuhan sebagai bunda bapak anak asuh stunting di Kampung Waindu Distrik Raimbawi, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.IP pada hari Kamis, 11/05/2023 mengunjungi puskesmas Waindu dan bertemu orang tua dan anak anak dengan Stunting.

Disana dilakukan pengukuran tinggi tubuh dan penimbangan berat badan. Selain itu, Bunda Asuh Anak Stunting di Waindu ini juga menyerahkan Bahan Makanan Tambahan bagi Anak Anak tersebut yang diterima secara langsung oleh Kepala Puskesmas Waindu. Dijelaskan Erny Tania bahwa ada 11 anak Dengan Stunting yang terdata di Waindu dan hingga dirinya turun serta melakukan pengukuran terarah, ditemukan hanya tersisa 5 orang yang masih menjadi prioritas untuk perbaikan gizi sehingga dapat menurunkan angka stunting di kabupaten kepulauan Yapen.

“Saya berharap semua bunda asuh, bapak asuh anak Stunting yang lain agar bisa turun ke lapangan sehingga dapat membantu menurunkan angka stunting di kabupaten kepulauan Yapen.” Tutur nya

Sebelumnya penjabat Bupati Kepulauan Yapen telah mengkukuhkan Bapak Bunda Anak Asuh Stunting pada 27 April 2023 lalu. Sebelum tiba di Waindu, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen yang di dampingi langsung juga oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kepulauan Yapen, Drs. Zakarias Sanuari, MM, Asisten 1 Pemerintahan dan Kesra Sekda, Ir Edi N Mudumi, serta Kepala Badan Keuangan Dan Aset Daerah, Clemens Mambrasar, berkesempatan untuk meninjau secara langsung atau monitoring Kegiatan Ujian Sekolah Berstandar Nasional Di SMP Negeri 1 Atap Paparu. dalam kunjungan nya Kali ini, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen bertemu kepala Sekolah SMP 1 Atap Paparu, Selfiana Ani Payai, S.Si dan para peserta ujian tersebut. Kepala Sekolah tersebut juga melaporkan kondisi umum serta suasana sekolah yang dipimpin nya. Untuk diketahui bahwa SMP 1 Atap Paparu ini memiliki 18 Orang Tenaga Guru, 9 Orang diantaranya adalah Guru Pegawai Negeri Sipil, 2 Orang Tenaga Kontrak dan Seorang Guru Tenaga P3K. Di sekolah tersebut, terdata ada 31 Orang Siswa yang menghadapi ujian Sekolah Berstandar Nasional yang berlangsung sejak Senin, 08/05/2023 hingga Sabtu 13/05/2023.

Sementara di SD Negeri Waindu, Sekda Erny Tania berkesempatan bertemu Guru Guru dan peserta didik, Seorang guru, Hento Stefen Warinusi menjelaskan bahwa ada 6 Tenaga Guru di SD Negeri Waindu, antaralain 1 Orang PNS, 2 Orang Tenaga Kontrak dan 3 P3K. Sekda Erny juga meminta agar guru guru di Waindu dapat serius mendidik anak anak sekolah.Jumlah siswa di SD Negeri Waindu ada 53 Orang siswa sementara yang persiapan ujian hanya 9 orang. Sekda Erny Tania juga memberikan paket Bingkisan Peralatan Sekolah kepada para murid.

Foto : Humas Yapen