Serui – Bahas cadangan pangan, pemerintah daerah menggelar rapat bersama Bulog yang berlangsung di ruang rapat Sekretariat Daerah, pada Selasa 02/05/2023. Rapat ini adalah tindak lanjut rapat sebelumnya tentang kerawanan pangan.

Dalam arahan Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si mengatakan bahwa Pemerintah Daerah perlu menjaga agar tidak terjadi kelangkaan beras di pasaran, jika terjadi maka harga jual Beras akan mahal, hal ini disebabkan karena masalah gagal panen, serta yang diharapkan 2 bulan kedepan sudah bisa stabil.

“Tanggung jawab pemerintah daerah yaitu kita menjaga supaya stok beras tetap ada di kabupaten kepulauan Yapen”ujarnya.

Menurut Pj Bupati Kepulauan Yapen ini, bahwa Hal ini harus menjadi komitmen bersama antara pihak Bulog maupun pemerintah daerah, mengingat Bulog Di Kepulauan Yapen juga melayani Kabupaten tetangga (Waropen) sehingga diharapkan Bulog tak mengeluarkan beras ke Waropen kecuali Pemerintah Daerah setempat (Waropen) telah memberikan kepastian pembiayaan kepada dolog (Bulog Yapen) selain itu, Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen juga tetap menjaga agar Kepulauan Yapen tetap aman dari sisi Pangan, ungkap orang no 1 di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Lebih lanjut, Pj Bupati Mambay mengungkapkan bahwa Dari hasil rapat dan jika sudah sesuai dan klop, maka akan dibuat dan dituangkan lewat peraturan Bupati dengan sumber dana melalui BTT hingga ke sistem pengawasan.

Dirinya juga menginstruksikan kepada Dinas ketahanan pangan Kabupaten Kepulauan Yapen, dimana dirinya berharap agar setiap kali harus ada tim dari kantor untuk memantau. Perlu juga diatur dalam peraturan Bupati tentang harga harga jual sehingga walaupun berstatus sebagai beras bersubsidi tetapi dibawa pengendalian, dirinya juga meminta agar mekanisme pertanggungjawaban pun juga diatur dalam perbup ujarnya.

Pj Bupati Mambay berharap agar semuanya bersinergi, dan segala sesuatu diatur dalam peraturan Bupati untuk menjaga pengaturan secara baik, sehingga proses proses nya bisa berlangsung tuturnya. Rapat kali ini dihadiri langsung oleh Sekretaris Daerah, Erny R Tania, S.Ip, Kepala Perum Bulog Kepulauan Yapen, Staf Pakar Bupati, Asisten 2 Bidang Perekonomian dan Pembangunan Sekretaris Daerah Otto Ayorbaba, Asisten 3 Bidang administrasi dan umu Sekretaris Daerah, Wahyudi Irianto serta Pimpinan OPD Teknis diantara, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Kepala Dinas Pertanian, Kepala Dinas Perikanan, serta Inspektur Kepulauan Yapen.

Foto : Humas Yapen