Serui – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si melakukan Inspeksi Mendadak ke OPD di lingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari Rabu, 26/04/2023. Begitu tiba di Kantor Bupati, Pj Mambay ditemani Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekda, Ir. Edi N Mudumi, bersama Asisten 3 Administrasi Umum Sekda, Ir Wahyudi Irianto mengendarai Mobil Dinas Asisten 1 dan melakukan Inspeksi pertama di Kantor Kelurahan Serui Jaya, Kelurahan Tarau, Kantor Kominfo, Kantor BKAD, Kantor Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan KB, Kantor Dinas Sosial, Kantor PTSP, Kantor Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Kantor Pemberdayaan Masyarakat Kampung, Kantor Kesbangpol, Kantor Pekerjaan Umum, Kantor Dinas Kebersihan dan Lingkungan Hidup, Kantor Dinas Transmigrasi, Kantor Dinas P dan K, Kantor Perhubungan, Kantor Dukcapil, Kantor Pertanian, Kantor Ketahanan Pangan, dan Kantor Dinas Perikanan Kabupaten Kepulauan Yapen. Dari Sejumlah OPD yang disidak, berdasarkan Hasil Temuan dilapangkan, Kantor PTSP dengan jumlah Pegawai Negeri Sipil 30 Orang ditemukan tidak hadir di hari Pertama kerja, hanya 1 Orang Tenaga Honorer. Sementara Dinas Ketahanan Pangan dari Jumlah Pegawai 48 Orang, hanya 2 Orang Pegawai yang berada di Kantor salah satunya adalah Kepala OPD dan StafDi Jelaskan Pj Bupati Mambay bahwa dari Kesimpulan Inspeksi Mendadak (Sidak) hari pertama masuk kantor setelah hari raya idul Fitri 1444 H & cuti bersama pada tgl 26 April 2023, dilakukan pada 20 OPD (18 Dinas/Badan & 1 Distrik) & 2 Kelurahan, maka diperoleh Fakta dan data sbb :

1. Jumlah ASN : 1000 orang

2. Hadir : 190 orang atau sebesar 19 persen.

3. Tidak hadir : 810 Orang atau sebesar 81 persen.

Laporan hasil sidak ASN, Rabu, 26 April 2023 dengan rincian sebagai berikut :

1. Dinas Pertanian : Jumlah : 133 Orang (ASN struktural : 76 Tenaga PPL : 57). Hadir : 13 Orang , Tidak hadir : 120 OrangKepala Dinas hadir sementara Sekretaris Dinas tidak hadir.

2. Dinas PUPR, Jumlah : 104 Orang, Hadir : 12 Orang, Tidak hadir : 92 Orang. Kepala Dinas hadir dan Sekretaris Dinas tidak hadir.

3. Dinas Lingkungan Hidup, Jumlah : 37 Orang , Hadir : 6 Orang, Tidak hadir : 31 orang. Kepala Dinas hadir dan Sekretaris Dinas tidak hadir.

4. Dinas Pariwisata, Pemuda & Olahraga, Jumlah : 48 Orang, Hadir : 3 Orang, Tidak Hadir : 51 Orang Kepala Dinas & sekdis tidak hadir.

5. Dinas pemberdayaan Perempuan & KB , Jumlah : 37 Orang, Hadir : 19 orang, Tidak Hadir: 18 Orang. Kadis hadir & sekdis tidak hadir.

6. Dinas Sosial, Jumlah : 32 Orang, Hadir : 6 Orang , Tidak hadir : 26 Orang. Kadis hadir & sekdis tdk hadir.

7. Dinas Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Jumlah : 30 Orang, Hadir : 0 , Tidak hadir : 30 Orang, Tenaga honor 1 Orang dan cleaning service 1 Orang Kadis dan sekdis tidak hadir.

8. Badan Keuangan dan Aset Daerah, Jumlah : 56 Orang, Hadir : 23 Orang, Tidak hadir : 33 Orang. Kadis dab sekdis hadir

9. Badan Pendapatan Daerah, Jumlah : 37 Orang, Hadir : 6 Orang Tidak hadir : 31 Orang Kadis dan sekdis tidak hadir.

10. DPMPK, Jumlah : 28 Orang, Hadir: 6 Orang ,Tidak hadir : 22 Orang. Kadis hadir & sekdis tdk Hadir

11. Bakesbangpol, Jumlah : 36 Orang, Hadir : 5 Orang, Tidak hadir : 31 Orang. Kaban hadir & Sekban tidak hadir.

12. Dinas Ketahanan Pangan, Jumlah : 48 Orang, Hadir : 2 Orang, Tidak hadir : 46 Orang. Kadis hadir & sekdis tidak hadir

13. Dina Perikanan, Jumlah: 49 Orang, Hadir : 6 Orang, Tidak hadir : 43 Orang. Kadis & sekdis tidak hadir.

14. Dinas Perhubungan, Jumlah : 40 Orang, Hadir : 8 Orang, Tidak hadir : 32 Orang Kadis tidak hadir & sekdis hadir

15. Dinas Dukcapil, Jumlah : 51 Orang, Hadir : 21 Orang, Tidak hadir : 30 Orang Kadis tidak hadir & sekdis cuti.

16. Dinas Tenaga Kerja, Jumlah : 29 Orang, Hadir : 6 Orang , Tidak hadir : 23 Orang Kadis sakit & sekdis pensiun

17. Dinas pendidikan & kebudayaan, Jumlah : 91 Orang, Hadir : 21 Orang, Tidak hadir : 70 Orang Kadis hadir & sekdis tidak hadir

18. Dinas Kominfo, Jumlah : 32 Orang, Hadir : 8 Orang , Tidak hadir : 24 Orang. Kadis tidak hadir & sekdis hadir

19. Distrik Yapen Selatan, Jumlah Pegawai : 42 Orang, Hadir : 11 Orang, Tidak hadir: 31 Orang Kadistrik & sekdistrik serta pejabat struktural Tidak hadir.

20. Kelurahan Serui Jaya, Jumlah Pegawai 18 Orang. Hadir : 3 Orang , Tidak hadir : 15 Orang lurah & Seklur tidak hadir.

21. Kelurahan Tarau, Jumlah Pegawai 32 Orang, Hadir : 5 Orang dan Tidak hadir : 27 Orang, Lurah & Seklur tidak hadir.

“Kami akan merincikan hasil dari sidak kami dihari ini, berapa pegawai disetiap OPD yang masuk Kantor dengan begitu saya berharap besok dan seterusnya Kantor harus bisa aktif seperti biasa dan kita akan melihat pada apel di hari Jumat bahwa pimpinan OPD harus bertanggung jawab untuk staf nya ” ujarnya.

Penjabat bupati juga memberikan apresiasi kepada beberapa opd yang dinilai disiplin antara lain badan keuangan dan aset daerah serta kantor pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak.Foto : Humas Yapen