Serui – Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.IP membuka secara langsung kegiatan Bimbingan Teknis Aplikasi Sistim Keuangan Desa/kampung Siskeudes Di lingkungan Distrik Yapen Selatan yang berlangsung pada Senin, 17/04/2023. Bimtek ini adalah dalam rangka meningkatkan kualitas tata kelola keuangan desa, yang diikuti oleh Para Kepala Kampung, Kaur Keuangan Kampung, dan Operator Kampung dari 10 kampung.

Kepala Distrik Yapen Selatan  Since A Wihyawari, S.Sos, M.A.P dalam laporannya mengatakan bahwa bimtek ini adalah yang pertama kali dilakukan dengan tujuan untuk Meningkatkan Sumber Daya Manusia bagi kepala kampung dan kaur keuangan, Meningkatkan profesionalisme dalam tata kelola keuangan Kampung yang baik dan terarah. Sementara itu Kepala BPMK Kabupaten Kepulauan Yapen, Jan Lermatan menambahkan bahwa dari 17 Distrik baru kali ini digunakan dana DPA Distrik untuk menggelar Kegiatan ini, Siskeudes ini sudah ada sejak 2019 dan di Yapen baru dilakukan Tahun ini,  Kepala DPMK juga menyampaikan bahwa Untuk Siskeudes ini bukan hal baru, dan ini tidak akan mempersulit Kepala Kampung dan Kaur Keuangan tetapi sebaliknya akan memudahkan aparat kampung, dirinya berharap agar peserta bimtek ini dapat mengikuti kegiatan ini dengan baik. Lebih lanjut Dalam Rangka Mewujudkan Pengelolaan Keuangan Desa yang Efektif, Efisien, Transparansi dan Akuntabel, Kementerian Dalam Negeri Bersama BPKP telah merilis Aplikasi Sistim Keuangan Desa yang terdiri dari Perencanaan, Pelaksanaan, Penatausahaan, Pelaporan dan Pertanggungjawaban.

Penjabat Bupati Kepulauan Yapen, Cyfrianus Y Mambay, S.Pd, M.Si yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.IP dalam sambutan pemerintah Daerah mengatakan bahwa pada prinsipnya pemerintah Daerah menyambut baik Kegiatan Bimtek ini dan diharapkan bimtek tersebut bisa dimanfaatkan sebagai media edukasi bagi kepala kampung dan kaur keuangan kampung guna meningkatkan tata keuangan desa berbasis aplikasi. Diharapkan bimtek Siskeudes ini juga dapat diikuti dengan serius untuk mendapatkan ilmu demi kepentingan pelaksanaan tugas tugas Kepala Kampung ke depan.

Foto : Humas Yapen