Serui – Penutupan Pekan Tilawatil Qur’an (PTQ) ke 53 Tahun 2023 tingkat Radio Republik Indonesia Stasiun Serui kembali berlangsung bertepatan di hari Pertama pada Bulan Suci Ramadhan 1444 Hijriah atau  pada hari Kamis, 23/03/2023 di Auditorium LPP RRI Serui. Hadir dalam kegiatan ini mewakili Pemerintah Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Asisten 3 Administrasi dan Umum Sekda, Ir. Wahyudi Irianto, serta perwakilan dari Forkompinda Kabupaten Kepulauan Yapen.

Pekan Tilawatil Qur’an ini adalah agenda rutin yang sering dilaksanakan LPP RRI setiap tahunnya dengan Tujuan untuk menyeleksi Qari dan Qariah, hafiz dan Hafizah serta ditandai dengan beberapa perlombaan. Nantinya peserta terbaik akan diikutsertakan dalam ajang serupa tingkat Nasional di Kendari Sulawesi Tenggara pada April mendatang untuk berlomba dengan utusan dari 73 Stasiun RRI SE Indonesia.

Dalam pembacaan Putusan Dewan Hakim PTQ LPP RRI Serui Ke 53, memutuskan dan menetapkan keputusan dewan hakim tentang pemenang juara terbaik 1,2 dan 3 cabang tilawal dan tausiyah
01/dh/ptq/rri-serui . Untuk Cabang tilawal golongan qori,
* juara 3 jatuh pada no peserta 02 dengan jumlah nilai 69 atas nama Al Fatir,
* Juara ke 2 jumlah nilai 77 jatuh pada peserta no 13 atas nama fajar Al farisi,  * Juara 1 dengan nilai 85 jatuh pada no peserta 07 atas nama Alvian Akbar.

Untuk Qoriah,
* Juara 1 jumlah nilai 86 jatuh pada no peserta 08 atas nama Nur Qaidah Aksa,
* Juara 2 dengan jumlah nilai 85  jatuh pada no peserta 15 atas nama asra Yasin dan
* Juara ke 3 jumlah nilai 69 dengan no peserta 03 atas nama Marisa hawa.

Cabang tausiah putra,
* Juara ke 3 dengan jumlah nilai 83 jatuh pada no peserta 11 atas nama Ahmad Habibi Aqsa,
* Juara 2 jumlah nilai 85 pada no 15 atas nama Ahmad Badawi
* Juara pertama jumlah nilai 86 atas nama Zikrul Fajrih

Cabang Tausiyah Putri
* Juara 3 dengan jumlah nilai 82 jatuh pada no peserta 14 atas nama Surya Aulia,
* Juara ke 2 jatuh pada no 24 dengan nilai 85 atas nama Nurul Madinah dan
* Juara 1 dengan jumlah nilai 87 jatuh pada no 17 atas nama Nadira Aulia Asru.

H Anwar selaku ketua Panitia dalam laporannya mengatakan bahwa PTQ ini berlangsung selama 2 hari di LPP RRI Serui, pelaksanaan PTQ ke 53 ini ada 40 peserta yang mendaftar, hal ini mengalami kenaikan jika dibandingkan dari tahun 2022 yang hanya diikuti oleh 20 peserta dan ini tak terlepas dilaksanakan di awal ramadhan sebagai siar Islam dan wujud penyiaran siar Islam di Bulan Suci Ramadhan.  Dewan hakim telah membacakan hasil keputusan, maka LPP RRI akan memberangkatkan untuk mengikuti kegiatan yang sama tingkat Nasional di Kendari.

Robinhod Simbolon selaku Kepala Stasiun LPP RRI Serui pada sambutannya sebelum menutup ajang PTQ Ke 53 mengatakan kegiatan ini adalah salah satu bentuk layanan publik LPP RRI yang dilaksanakan serentak seluruh Indonesia dan tak terlepas dari bantuan mitra kerja di daerah. Tujuan dilakukan kegiatan ini adalah pembinaan mental spiritual bagi Umat muslim dalam pendalaman Qur’an. PTQ tingkat daerah ini sengaja dilakukan di awal ramadhan. Dirinya berpesan kepada juara ptq agar terus berlatih menghadapi even tingkat nasional di Kendari dengan meminta bimbingan dari dewan juri.

Humas Yapen