Serui – Senin 20 Februari 2023 penjabat Bupati Kepulauan Yapen Cyfrianus Y Mambay menghadiri pertemuan yang berlangsung di ruang rapat Bupati Kepulauan Yapen. Pertemuan lintas sektor bersama kepala distrik ini menindaklanjuti penyampaian Bunda Paud Provinsi Papua tentang pelantikan Bunda Paud Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan tujuan Mendampingi dan membantu mewujudkan PAUD Holistik Integratif dalam layanan pendidikan, kesehatan gizi dan peralatan, serta pengasuhan, perlindungan dan pelayanan kesejahteraan

Pj Bupati Kepulauan Yapen mengatakan bahwa peran Bunda PAUD sangatlah strategis dalam membantu mendampingi serta terlibat dalam mewujudkan PAUD berkualitas, Peran Bunda Paud memiliki peran penting terutama saat ini sedang di tuntut menuntaskan angka stunting di kepulauan Yapen. Dirinya berharap pembentukan Pokja Paud ini tak seperti organisasi lainnya, tetapi berkontribusi terhadap pembangunan yang ada di kepulauan Yapen, serta dapat mengoptimalkan peran sebaik mungkin dengan membuat program-program yang berkelanjutan dalam pembinaan terhadap satuan PAUD.

Pj Bupati Mambay mengatakan bahwa Pendekatan Bunda Paud bersifat holistik dengan berbagai aspek dan komprehensif mulai dari layanan pendidikan. Dirinya telah tegaskan mulai dari musrembang di tingkat distrik agar menjadi perhatian para kepala distrik sehingga dapat membuat program yangberdampak di masyarakat. Dirinya meminta agar Kadistrik mengawasi penyusunan anggaran di musrembang terutama memberikan perhatian bagi paud, sehingga dalam perkembangan perencanaan harus terintegrasi dari dinas pendidikan ke tingkat paud yang ada. Selain itu dinas pendidikan harus berkolaborasi dengan semua yang ada di tingkat bawah dengan mengundang bunda paud untuk di diskusikan ujar mantan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebutuhan Kabupaten Kepulauan Yapen tersebut.

Pj Bupati Kepulauan Yapen ini juga berharap Nantinya yang menjabat sebagai Bunda Paud diharapkan tetap melekat pada Jabatan, sehingga siapapun yang menjabat sebagai Kepala Daerah secara otomatis melekat pada Jabatan Bupati Selanjutnya,  Dalam struktur organisasi Bunda Paud Kabupaten Kepulauan Yapen, Bupati Kepulauan Yapen selaku pembina, Sekretaris Daerah, sebagai pengarah
Bunda paud, Sebagai penanggung Jawab adalah Ny Rosita, M.Pd

Ditambahkan Bunda Paud Kabupaten Kepulauan Yapen, Ny Rosita M.Pd bahwa Pembentukan Pokja paud adalah perpanjangan tangan pemerintah terhadap paud di Kabupaten Kepulauan Yapen. Paud lebih banyak di gereja dan masjid serta tak ada batasan. Ada beberapa yang menjadi perhatian terhadap gizi anak, sehingga Pokja paud berperan untuk membantu hal hal yang akan membantu paud itu ujarnya  Bunda Paud juga Hadir dengan melakukan beberapa hal konvergensi untuk melakukan tugasnya  setelah pengukuhan dilanjutkan pembekalan kepada anggota bunda paud.

Foto : Humas Yapen