Serui – Penjabat Bupati Kepulauan Yapen menghadiri Upacara Amal Bakti Kementerian Agama Ke  77 Tahun  yang digelar di kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepulauan Yapen pada hari Selasa, 3 Januari 2023. Dalam kesempatan ini, Pj Bupati Mambay bertindak sebagai Inspektur Upacara.

Pj Bupati Mambay dalam kesempatan membacakan amanat Menteri Agama Republik Indonesia, Yaqut Cholil Qoumas mengatakan bahwa patut disyukuri karena hari ini kita bisa memasuki tahun baru 2023, namun bagi insan kementerian agama, setiap pergantian tahun selalu memiliki Magna khusus. Dimana di awal tahun ini diperingati hari amal bakti ke 77 yang diajak untuk mengenal, meresapi arti lahirnya kementrian agama sejak 1986 yang dulu bernama Departemen Agama.  Pada peringatan hari ini, dirinya mengajak kepada seluruh ASN Kementerian Agama untuk memperbaiki niat pengabdian dan pelayanan kepada umat, dan menjadi Hari Bakti Amal kemenag dalam melayani seluruh umat beragama di Indonesia.

Tahun lalu digelorakan semangat transformasi layanan umat secara bertahap, cita ini telah terwujud dan tampak hasilnya.  kini kemenag terlihat berubah, birokrasinya, lincah dan responsif salah satunya dengan hadirnya Pusaka Super Apps. Beragam inovasi Digital terus dilakukan mulai pusat hingga daerah. Semua ini adalah upaya meningkatkan kualitas dan mendekatkan layanan kepada masyarakat. Bukti bahwa kemenag telah berubah adalah diakui dan diapresiasi oleh Kementerian/lembaga Publik dimana diganjar lebih dari 22 penghargaan pada tahun lalu.

Pada Hari Amal Bakti Tahun 2023 ini, dicanangkan Tagline kerukunan umat untuk Indonesia hebat, hal ini adalah tugas berat yang diamanatkan bagi seluruh ASN Kementerian Agama. Kerukunan sangat Fluktuatif  dan dinamis, dan sering diuji lebih lebih dalam menghadapi Pemilu 2024 nantinya. Kerukunan juga adalah prasyarat pembangunan Nasional, Pembangunan membutuhkan stabilitas dan dapat terwujud bila masyarakat rukun dan damai di tahun politik ini, politisasi agama yang sering dilakukan untuk meraih efek erektoral, penggunaan politik identitas harus di mitigasi agar tak mengganggu kerukunan umat.  Keluarga Kementerian Agama, Tokoh Agama dan tokoh masyarakat, harus terbib dalam membina dan membangun suasana rukun dan damai agar perjalanan dan tahapan pemilu dapat dinikmati sebagai pesta demokrasi dalam pengertian sesungguhnya. Untuk itu Semangat kerukunan umat harus digelorakan seluruh ASN Kemenag ujarnya. ASN Kemenag diminta tak menjadi partisan  apalagi ikut melakukan provukasi ditengah keragaman  pilihan. ASN Kemenag harus menjadi simbol kerukunan dan persaudaraan dan diyakini bahwa  kerukunan umat akan mengantarkan menuju Indonesia hebat.

Ditambahkan nya, bahwa sejak tahun sebelumnya sebagai bentuk apresiasi kepada pengabdian negara, maka telah diajukan ke presiden 10.073 pegawai negeri kemenag. Presiden juga memberikan Penghargaan Satya lencana kepada ASN Kemenag sehingga memberikan semangat dalam bekerja.

Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen ini juga dihadiri langsung oleh Kapolres Kepulauan Yapen, Danramil  Yapen Selatan , Ketua FKBU, Ketua PGGK Kabupaten Kepulauan Yapen, Kepala Kantor Kemenag Kepulauan Yapen berserta seluruh ASN Kementerian Agama. Usai upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama, dilanjutkan dengan Ibadah Natal Bersama di halaman Kantor Kemenag Kepulauan Yapen.

Foto : Andrew Woria