Serui – Peringatan HUT ke 48 Tahun GKII Mahanaim Serui berlangsung lewat Ibadah syukur pada hari Minggu, 27/11/2022. Dibawah sorotan tema berakar kuat dan berbuat lebat dalam Yohanes 15:16 Di usia ke 48 dalam pertolongan Tuhan, ada beberapa keberhasilan yang telah dicapai mulai dari pembentukan pos Pi mulai bertumbuh dan bertambah menjadi jemaat. Dalam pelayanan Firman Tuhan yang disampaikan oleh Vic. Rahel Jum Juld Tandan, S.Th terangkat dari Injil Yohanes 15:16 mengajak semua jemaat untuk syukur atas pertolongan Tuhan yang terus memberkati seluruh pelayanan GKII Mahanaim Serui kota ke 48 Tahun yang terus berakat dan menghasilkan buah yang lebat.

“Melalui pelayanan 48 tahun tidak berhenti sampai disini saja tetapi akan terus berlanjut berkarya bagi kemuliaan nama Tuhan” ujarnya

Gereja digambarkan sebagai emas yang menunjukkan berapa berharganya pada pandangan Tuhan. Dalam Wahyu 2 dan 3 Dal rangka HUT ke 48, apa yang selama ini ditabur melalui firman menjadi pegangan yang kokoh dan kuat untuk menghadapi setiap hari hari hidup, sehingga menghasilkan buah. Dijelaskan pelayan Firman Tuhan bahwa ada 3 hal yang menjadi poin penting bagi jemaat antara lain, 1. belajar bersyukur, 2. Menghasilkan buah dan yang ke 3 memperoleh jaminan dari Tuhan. Melalui usia Pelayanan ke 48 Tahun, Jemaat diminta untuk Melayani Tuhan karena rasa syukur kepada Tuhan karena pelayanan bukan pilihan tetapi inti kehidupan Kristen.

Pdt Deserlin Luther,.S.Th Ketua Klasis GKII teluk cenderawasih menyampaikan selamat HUT ke 48 tahun yang bukan waktu yang singkat dalam membangun pelayanan pekerjaan Tuhan. Jemaat ini hadir karena Tuhan. Sejarah Gereja mencatat jemaat Mahanaim melakukan dan mengembangkan gereja di Serui yaitu jemaat Makedonia, jemaat solagrasia di waropen, dan di yapen timur yang disebut pos doa dawai. Semua pencapaiannya ini tak terlepaskan dari tangan Allah melalui Pioneer dan hamba Tuhan dan seluruh jemaat. Harapan nya melalui momentum 48 tahun, jemaat tak merasa puas tetapi merasa puas yang tergambar melalui tema yakni berakar kuat dan berbuat lebat.

Sementara itu sambutan pemerintah daerah yang dibacakan oleh staf Khusus Penjabat Bupati, Yohanes Wanggai, SH mengatakan bahwa pemerintah daerah mengucapkan selamat memperingati HUT ke 48 Tahun serta merasa syukur dan sukacita yang dirasakan oleh jemaat atas pencapaian usia ke 48 Tahun pada 26 November 2022. Sebagai orang percaya, yakin bahwa perjalanan GKII jemaat Mahanaim sejak 1974 boleh terjadi semata mata karena kasih dan karunia Allah. Sehingga menghendaki gereja ini terus berkarya bagi kemuliaan namaNYA. Dengan bertambahnya usia GKII Mahanaim, pemerintah berharap agar bertambah pula semangat, loyalitas dan tanggung jawab dalam misi pelayanan sehingga gereja tetap berakar kuat serta berbuat lebat bagi pertumbuhan iman jemaat.

Diharapkan pula dengan berakar kuat maka gereja semakin berdampak dan berkontribusi dalam menjaga kedamaian, kerukunan hidup bermasyarakat dalam mendukung pembangunan di kabupaten kepulauan Yapen.

Foto : Andrew Woria