Serui – Di Kabupaten Kepulauan Yapen, Peringatan hari agraria dan tata ruang 2022 berlangsung lewat apel gabungan yang dihadiri oleh Bupati Kepulauan japen beserta forkopimda dan pimpinan opd, Senun pada 26/09/2022. 

Sebelum membacakan Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang atau Kepala BPN RI, Bupati Tonny Tesar juga menyampaikan apresiasi kepada kepala BPN Kepulauan Yapen yang telah melaksanakan tugas dengan baik untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat terutama dalam hak mendapatkan sertifikat tanah yang diberikan Secara langsung kepada masyarakat dengan cuma cuma sehingga masyarakat memiliki hak secara hukum atas kepemilikan tanah dan menjadi kewajiban dalam membayar pajak sehingga dapat meningkatkan p.a.d di kepulauan Yapen ini.

Bupati Tonny Tesar S.Sos ketika membacakan Sambutan Menteri Agraria dan Tata Ruang RI

Dalam pembacaan Sambutan Menteri Agraria dan tata ruang atau kepala badan pertanahan Nasional mengatakan bahwa peringatan hut kali ini mengusung tema Kementerian Agraria dan tata ruang atau Badan Pertanahan Nasional cepat berkualitas dan tangguh, akan mewujudkan percepatan transformasi digital dalam sistem pelayanan publik pengaduan perizinan penanganan masalah dan database yang akan menyebabkan layanan kepada masyarakat transparan murah cepat efektif dan efisien.

Dengan program PTSL mendapat loncatan yang sangat signifikan dalam kurun waktu 5 tahun capaian jumlah tanah terdaftar sebanding dengan 70 tahun sebelum program ptsl hingga saat ini siapa yang pendaftaran tanah sudah mencapai 81,6 juta bidan atau setara dengan 64,7% untuk mencapai target 100% pada tahun 2025 harus menyusun strategi yang terbaik.

Kepala Badan Pertanahan Nasional juga menyampaikan bahwa konflik Pertanahan sering timbul karena ketimpangan penguasaan dan pemelik tanah sehingga beberapa permasalahan dapat diatasi dengan skema reforma Agraria dengan mendistribusikan tanah-tanah kepada masyarakat. Untuk Tahun 2022 sebanyak 424.510 bidang harus menjadi perhatian khusus dan segera diselesaikan. materi agraria dan tata ruang juga mengajak pimpinan daerah untuk membantu masyarakat yang kurang mampu melalui penyediaan anggaran pra ptsl serta membantu meringankan beban masyarakat dengan pengurangan atau bahkan penghapusan bphtb sehingga target 2025 seluruh bidang Tanah ini bisa terdaftar dapat dicapai. Di Kabupaten Kepulauan Yapen, ada 129 Sertifikat Tanah yang terealisasi dari  total target 620 Bidang, sementara Yang dibagi pada momentum HIT Agraria dan Tata di Kabupaten Kepulauan adalah dari Kampung Aryobu 118 Bidang, Serui kota 3 Bidang dan Tarau 8 Bidang.

FOTO : Humas Yapen