Serui – Apel gabungan dalam rangka hari perhubungan nasional ke 77 tahun 2022 berlangsung di halaman apel kantor Bupati Kepulauan Yapen pada hari Senin 19/09/2022. Bertindak sebagai pembina apel, adalah Staf ahli Bupati bidang Perekonomian, Keuangan dan Pembangunan Ir Edi N Mudumi dalam Kapasitasnya sebagai Plh Sekretaris Daerah.

Pada pembacaan sambutan menteri perhubungan RI, Budi Karya Sumadi mengatakan bahwa di tengah masa pemulihan dari pandemi Indonesia harus menghadapi perekonomian dunia yang belum sepenuhnya bangkit banyak negara mengalami krisis ekonomi dengan tingkat inflasi yang melambung tinggi. Namun di sektor transportasi nasional kebangkitan mulai terlihat berdasarkan data BPS menunjukkan sektor transportasi telah berhasil tumbuh 21,27% di kuartal kedua 2022 dan memberi sumbangan positif terhadap pertumbuhan ekonomi nasional mencapai 5,44%.

Pencapaian ini harus disyukuri di tengah tantangan sektor transportasi yang masih memberi kontribusi yang berarti bagi Indonesia. Menteri Perhubungan juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh insan transportasi di manapun berada yang bertugas di kota di desa di perbatasan dan di pulau-pulau terpencil. Dirinya mengakui di tengah pencapaian ini masih banyak hal yang harus dibenahi, ada banyak pembangunan yang harus dituntaskan untuk meningkatkan konektivitas di seluruh Nusantara dan ini adalah pekerjaan rumah untuk meningkatkan keselamatan transportasi perlu lebih agresif untuk menciptakan integrasi antar moda di seluruh Indonesia.

tantangan tersebut tidak akan bisa dihadapi tanpa kolaborasi tanpa sinergi antar kita pemangku kepentingan di sektor transportasi oleh karena itulah hari Perhubungan tahun ini mengambil tema bangkit maju bersama. Begitu juga seluruh stakeholder harus berkolaborasi bahu membahu untuk membangkitkan kembali sektor transportasi dengan peran masing-masing semuanya demi untuk menopang berbagai sektor kehidupan masyarakat yang akan berdampak pada terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur sesuai dengan cita-cita bersama.

Menteri Perhubungan RI dalam sambutannya juga mengajak semua stakeholder untuk mewujudkan kolaborasi yang lebih baik untuk memajukan transportasi Indonesia di masa mendatang.

Foto : Humas Yapen