2 Tahun Absen, Stadion Marora Kembali Menjadi Tempat HUT RI Ke 77 Tahun 2022.
Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.I.P meninjau langsung persiapan lokasi Upacara Kenegaraan Peringatan Detik Detik Proklamasi Republik Indonesia ke 77 Tahun 2022 tingkat Kabupaten Kepulauan Yapen. Ketika ditemui Humas pada hari Selasa, 16/08/2022, Sekda Erny menjelaskan bahwa Sudah 95% kesiapan stadion Marora Serui yang telah absen dari kegiatan rutin upacara Tahuan di kepulauan Yapen.

Asisten II Perekonomian Sekretaris Daerah Oktovianus Ayorbaba (Sebelah Kiri) bersama Sekretaris Daerah Erny Renny Tania (Sebelah Kanan)

Selain itu Sekda mengatakan bahwa Tahun 2022 ini menjadi spesial karena merupakan tahun terakhir di kepemimpinan Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos bersama Wakil Bupati Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA, secara khusus berbagai kegiatan menyambut RI telah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Dihari ini, akan dilaksanakan juga malam pengukuhan Paskibra tingkat Kabupaten dan dilanjutkan dengan malam perenungan pukul 00.00 WIT di Tanam Makam Pahlawan Serui.

Pada 17 Agustus besok berbagai rangkaian acara yang cukup padat akan berlangsung sehingga selaku Sekda berharap semuanya dapat berjalan sesuai schedule yang direncanakan diantaranya akan ada penyerahan bantuan dari Dinas Sosial Kabupaten Kepulauan Yapen berupa alat bantu bagi kaum difabel, dari Dinas Dukcapil akan berpartisipasi dimana telah hadir tamu yaitu analis Kebijakan ahli Muda Direktorat Pendaftaran Penduduk Ditjen Dukcapil Kemendagri yang akan melakukan perekaman E KTP bagi Siswa yang genap 17 tahun pada 17 Agustus 2022. Dari 543 Kabupaten Kota di Indonesia, Kepulauan Yapen adalah salah satu dari 6 kabupaten yang dipilih dari seluruh penjuru tanah air, dan tim dari Kemendagri Ditjen Dukcapil akan hadir mengikuti upacara dan melakukan perekaman secara simbolis kepada siswa tersebut.

Ditambahkan Sekda bahwa dari kantor ATR atau Badan pertanahan Kabupaten Kepulauan Yapen juga akan menyerahkan 24 sertifikat tanah kepada masyarakat di Kelurahan Serui kota dan Kelurahan Tarau distrik Yapen Selatan, Selain itu dari kantor BPJS ketenagakerjaan biak juga akan menyerahkan 1474 kartu BPJS ketenagakerjaan kepada seluruh tenaga kerja honorer di Kabupaten Kepulauan Yapen. Selain itu juga akan diserahkan hadiah lomba yang telah dilaksanakan dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 77 tahun 2021 di Kabupaten Kepulauan Yapen.

Upacara ke-77 kemerdekaan Republik Indonesia Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Yapen menjadi begitu spesial karena akan juga diadakan penarikan undian berhadiah usai upacara berlangsung dengan hadiah utama yaitu satu unit sepeda motor.