Serui – Askab PSSI Kabupaten Kepulauan japen menggelar turnamen sepak bola wanita yang dibuka secara resmi oleh pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen dalam hal ini diwakili oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, Erny Renny Tania, S.I.P pada hari Senin, 25/07/2022.

Ketua Asosiasi PSSI Yapen, Agus Kaiwai, SH dalam Laporan nya mengatakan bahwa turnamen sepak bola galanita ini merupakan salah satu rencana kerja asosiasi PSSI Provinsi Papua yang dituangkan dalam Renja PSSI Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan tujuan untuk menjaring dan mencari pemain muda wanita yang disiapkan untuk mengikuti pekan olahraga daerah di Jayapura pada November 2022 mendatang.

Selain itu turnamen ini juga Dalam rangka memeriahkan proklamasi RI ke 77 Tahun 2022 di Kabupaten Kepulauan Yapen. Turnamen galanita ini berlangsung sejak Senin 25 Juli 2022 hingga 16 Agustus 2022 yang digelar di lapangan Trikora alun-alun kota Serui. Agus menyebutkan bahwa peserta turnamen sepak bola wanita ini berasal dari Kelurahan dan kampung di wilayah distrik Yapen Selatan, Distrik Anotaurei, Distrik Yawakukat, Distrik Angkaisera, Distrik Kepulauan Ambai, Distrik Yapen Barat dengan Jumlah Peserta sebanyak 16 Tim.

Sekda Erny Tania dalam sambutan pemerintah daerah menjelaskan bahwa melalui ajang ini dapat menumbuhkan semangat nasionalisme, secara khusus kecintaan kepada Kabupaten Kepulauan Yapen. Selain itu juga dapat menumbuhkan rasa persatuan antar peserta kesebelasan tim galanita di Kabupaten Kepulauan Yapen, yang datang dari beberapa distrik dan kampung namun tetap satu sebagai bangsa Indonesia, dan satu sebagai masyarakat di Kabupaten Kepulauan Yapen. Serta dapat mencari bibit-bibit berbakat yang akan dikirim mewakili Kabupaten Kepulauan Yapen dalam pekan olahraga daerah pada November mendatang.

Sebelum memulai turnamen Sekretaris Daerah juga melakukan tendangan eksebisi menandakan dimulainya pertandingan. Di mana dalam babak perdana bertanding tim kesebelasan dari kampung turu berhadapan dengan kesebelasan tim dari kampung kontinuai. Turnamen sepak bola wanita Tahun 2022 ini juga cukup menyita perhatian dan antusias dari warga masyarakat di kota Serui yang melintas di seputaran alun-alun lapangan Trikora Serui.

Foto : Humas Yapen
Editor : Andrew Woria