Serui – Kabupaten Kepulauan Yapen sebagai Kota transit sidang sinode GKI ke-18 terus berkoordinasi salah satunya yang dilakukan di rumah jabatan Bupati Kepulauan Yapen pada hari senin 13/06/2022, Panitia transit Serui menggelar rapat koordinasi bersama panitia induk sidang sinode ke-18 waropen.

Ketua panitia transit serui sidang sinode GKI Ke 18, Tonny Tesar, S.Sos kepada Media mengatakan bahwa Rapat Kordinasi ini membahas sinergitas antara panitia induk ss GKI ke 18 dan panitia transit serui untuk mekordinasikan tugas tugas apa saja yang akan dilakukan oleh panitia transit serui atau bagaimana panitia transit melakukan suport kepada panita induk, baik bagi para peserta sidang sinoda GKI Ke 18 yang akan melewati udara maupun pelabuhan serui. Dijelaskan Tonny Tesar, bahwa sementara yang masih memerlukan perhatian adalah tamu tamu peserta atau peninjau serta pengembira dan jemaat jemaat yang lain yang akan datang diluar peserta sidang sinode GKI ke 18 dan kemungkinan bisa saja melebihi peserta Sidang Sinode.

Bupati Tonny Tesar menambakan bahwa Panitia transit juga akan memberikan dukungan semaksimal mungkin kepada tamu-tamu yang akan masuk ke Waropen maupun yang keluar dari waropen dan transit di kota Serui. Selain itu harus juga diantisipasi cuaca maupun transportasi yang terbatas, fasilitas akomodasi penginapan atau konsumsi makanan dan lain lain, akan diupayakan semaksimal mungkin.

Sementara tamu-tamu dari pemerintah daerah maupun undangan lainnya yang akan transit di Serui dan menggunakan fasilitas perhotelan, telah disediakan juga informasi jumlah kamar dan juga hotel diminta untuk memberikan pelayanan yang terbaik dan tamu-tamu yang ingin menggunakan jasa hotel akan membayar sendiri, yang penting panitia transit menyediakan yang terbaik ungkapnya

Sementara tamu-tamu yang ingin menggunakan homestay yang gratis, dari 11 Jemaat kotawi telah menyediakan homestay yang dapat dipergunakan oleh para tamu undangan serta peserta lainnya. Hal ini juga sudah disinkronkan dan dilaporkan kepada panitia induk sidang sinode GKI 18 waropen. Bupati Yapen juga berharap apa yang telah didiskusikan ini diharapkan dapat berjalan sesuai dengan yang diatur oleh panitia.

Sampai dengan H-3 pelaksanaan sidang sinode GKI 18 di waropen, panitia transit juga akan membuka jalur penerbangan udara dari Jayapura Serui, Serui ke Manokwari, Serui ke Nabire. Hal ini akan disampaikan kepada maskapai Trigana airlines agar dapat membuka jalur penerbangan tersebut sehingga semua orang yang ingin akses masuk ke Kabupaten waropen melalui kota transit Serui begitupun sebaliknya dapat terlayani

Foto : Astry Jeanet Woisiri