Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen, Sukses Menggelar Musda III

Serui – Pengurus Ikatan keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen Periode 2018-2022 sukses menuntaskan semua tugas organisasinya. Tugas terakhir dari masa kepengurusan yakni menggelar Musyawarah Daerah dalam rangka pemilihan badan pengurus untuk periode berikutnya tuntas dilaksanakan selama 2 hari. Di koordinir oleh Medi Mangalo selaku ketua Panitia, kegiatan tersebut dibuka oleh Bupati Kabupaten Kepulauan Yapen Tonny Tesar, S. Sos pada kamis, 05 Mei 2022 lalu, dan ditutup oleh Badan Stering Komite Musda III Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2022 pada Jumat, 06 Mei 2022.

Kegiatan Musyawarah yang disebut Musda III Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen tersebut berlangsung selama satu 2 hari. Pada tanggal 5 – 6 Mei 2022. Mulai tari tahapan regisrasi, kemudian dilanjutkan dengan pembukaan, dan seterusnya hingga pada pleno penetapan ketua terpilih selanjutnya penutupan.

Musda III Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen ini melalui 3 tahapan sidang pleno yakni, Pemilihan presideum sidang, laporan pertanggungjawaban pengurus demisioner, pembahasan anggaran dasar dan anggaran rumatangga, dan pleno ke III yakni pemilihan badan pengurus periode selanjutnya. Sesuai dengan pantauan media, pada musyawara tersebut berjalan dengan baik dan lancar dan menghasilakan sejumlah kesepakatan salah satunya memberikan amanat kepada Roy Palunga untuk memimpin Perkumpulan IKT Keluarga Toraja yang bermukim di Kabupaten Kepulauan Yapen yang lazim disebut sebagai Kota Kembang ACIS selama 5 tahun kedepan. Roy Palunga yang juga merupakan salah satu wakil rakyat di DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen ini terpilih secara Mufakat oleh Forum Sidang Musda III dari 10 Bakal Calon yang di usulkan dalam penjaringan namun 6 Bakal Calon diantaranya tidak bersedia. Adapun alasan dari ke 6 orang adalah faktor kesibukan yang cukup tinggi. Mereka mengaku akan tetap memberikan dukungan yang maksimal demi kelancaran organisasi kedepannya.

“Kita akan tetap bersinergi untuk membangun dan membesarkan IKT kedepannya, namun karena kesibukan dan tanggungjawab sebagai Pendeta yang cukup padat, saya mohon maaf kepada saudara-saudara sekalian kalau saya terpaksa harus menolak untuk dicalonkan, siapapun yang terpillih nantinya akan kita suport bersama-sama demi IKT kedepannya,” terang Hendra Kandari salah satu kandidat yang di calonkan oleh warga.

Adapun data yang dihimpun dari panitia pelaksana musda bahwa, warga Perkumpulan IKT Keluarga Toraja yang ada di Kabupaten Kabupaten Kepulauan Yapen khususnya di Kota Serui untuk kategori calon pemilih ( Umur di atas 17 Tahun ) terdata berdasarkan Absensi panitia dan selebaran blanko penjaringan Bakal calon berjumlah 245 orang. Tercatat 205 Suara sah dalam penjaringan nama bakal calon ketua.

Dari 205 suara sah, Roy Palunga unggul telak dengan dukungan 172 suara kemudian disusul Markus Marjunata 8 suara, Yurdius Paserang 7 Suara, dan Anto Tandungan 2 Suara. Atas keputusan mufakat oleh forum Musda III Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Tahun 2022. Roy Palunga langsung ditetapkan sebagai Ketua Umum Perkumpulan IKT Kabupaten Kepulauan Yapen Masa Bakti 2022-2027 dan Wakil Ketua I Markus Marjunata, Wakil Ketua II Yurdius Paserang, Wakil Ketua III Anto Tandungan.

Sementara terpilih kembali Piter Pulung sebagai Sekretaris Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen dengan perolehan 138 suara dan Wakil Sekretaris Samen Palembangan dengan perolehan 26 Suara. Sarah Labiran terpilih sebagai Bendahara dan Marlin Sambao sebagai Wakil Bendahara. Disusul Dewan Penasehat terpilih yaitu, Pdt. R. Kadang, Pdt. Matius Dolly,  Pdt. Amalius Tammu Pdt. H. D. Kandari, Pdt. Marten Kallo, Pdt. Aser heipon, Paulus Kinda Pdm. J Tangnga, Frans palinggi, Ir. Edi n mudumi, Pdt. Rahel Randan.

“Dengan ini surat Ketetapan Musyawarah Daerah III Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2022, Nomor 12/ TAP. MD-III/KT-KY/V/2022 Tentang Badan Pengurus Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen Masa Bakti 2022-2027. Dengan Rahmat Tuhan Yang Maha Esa, Musyawarah Daerah III Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen di Serui. Memutuskan dan menetapkan Badan Pengurus Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen Masa Bakti 2022-2027,” tertanda tangan pimpinan sidang, Ir. Herry Pasassung

Diketahui sebelumnya, melalui pleno ke II Musda ke III IKT Tahun 2022, telah ditetapkan perubahan nomenklatur nama Ikatan Keluarga Toraja (IKT) yang disesuaikan berdasarkan ADRT dan Surat Keputusan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Rebuplik Indonesia Nomor AHU – 0005488. AH. 01. 07. Tahun 2019 Tentang Perkumpulan IKT Keluarga Toraja Kabupaten Kepulauan Yapen.

Foto – Robby Mesak

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

WhatsApp chat