Serui –  Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kepulauan Yapen menggelar Lomba Story Teling atau lomba bercerita tentang Legenda di Kepulauan Yapen pada hari Kamis, 28/04/2022. Lomba ini dibuka secara Resmi oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos.

Bupati Tonny Tesar bersama 2 Orang Peserta Lomba Story Teling

Bupati Tonny Tesar dalam kesempatan itu  memberikan apresiasi dan penghargaan kepada dinas perpustakaan dan arsip daerah yang menggelar kegiatan story Teling, tentunya kita semua punya legenda cerita rakyat, dan ini bagian dari tanggung jawab dinas perpustakaan untuk bisa melestarikan budaya atau legenda ini menjadi keraifan lokal karena memberikan Makna baik  secara lisan maupun tertulis ujar Bupati Tonny Tesar

Ditambahkan Bupati bahwa Dengan kemajuan teknologi ini tentu kita hampir lupa cara cara penyampaian pesan moral secara lisan padahal cerita rakyat ini punya pesan pesan terhadap perilaku kita sebagai umat manusia untuk bagaimana bersatu melestarikan alam ciptaan Tuhan.

Ada 3 Dewan Juri yang akan menilai Lomba Story Teling antara lain, Sarah Labiran, marthina Tanawani, serta Yusuf Moai.

Kabid Pengembang Perpustakaan, Imelda kepada kepyapenkab.go.id menjelaskan bahwa ada 5 judul Cerita Rakyat atau legenda di Kabupaten Kepulauan Yapen yang dilombakan. Antara lain, :
1. Cerita tentang Asal usul Burung Cenderawasih – versi Ansus / Yapen Barat
2. Cerita Tentang Batu Api –  Kerenui
3. Ular memperanakan manusia – Mariadei
4. Nene Bulan – Borowai Yawakukat
5. Batu Numaini – Mariarotu

Selain itu Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah, Dehalawarani Rerei Dalam Laporan nya menjelaskan bahwa Perpustakaan tidak hanya identik dengan buku tapi beriringan dengan perkembangan teknologi saat ini, selain itu
Tujuan lomba Story Teling ini adalah untuk Membangun generasi bangsa yang gemar membaca serta Mendidik karakter anak bangsa agar memiliki nilai sosial serta keberanian. Peserta story Teling ini diikuti oleh 16 Sekolah Menengah Pertama Se Kabupaten Kepulauan Yapen, dengan jumlah peserta lomba sebanyak 37 Peserta.

Dehalarawani Rerei – Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah

Pembukaan Lomba Story Teling ini di Hadir juga oleh, Staf Ahli Bupati, Edy N Mudumi, Ketua DPRD Yohanes Raubaba,  Asisten II Perekonomian Sekda, Oktovianus Ayorbaba, serta para Peserta lomba.

foto : Andrew Woria