Wakil Bupati Frans Serahkan DPA Tahun 2022 Kepada 47 OPD

Reporter : Robby Mesak

Serui – Wakil Bupati Frans Sanadi, B. SC, S. Sos, MBA., didampingi Plt. Sekda Erny R Tania, S.IP, menyerahkan Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) kepada 47 Organisasi Perangkat Daerah (OPD) atau Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen tahun anggaran 2022, di gedung Silas papare serui, Senin, 14/02/2022.

Dalam pelaksanaan salah satu agenda penting pemerintah daerah ini, yakni penyerahan DPA SKPD Tahun anggaran 2022, Wakil Bupati Frans Sanadi, B. SC, S. Sos, MBA menyampaikan Apresiasi dan terimakasih kepada pimpinan OPD beserta seluruh staf terkait yang telah bekerja keras hingga APBD Tahun 2022 telah ditetapkan.

“Penyerahan DPA hari ini, jangan hanya dimaknai seremonial semata, Namun harus menjadi komitmen serta sebagai langkah awal pelaksanaan dan pedoman bagi masing-masing perangkat daerah untuk melaksanakan program dan kegiatan di tahun 2022 ini, karena dari DPA ini, ada sejumlah program unggulan dan kegiatan yang menjadi prioritas daerah dalam menunjang visi pembangunan daerah yakni, mewujudkan kabupaten kepulauan Yapen yang lebih nyaman, lebih maju dan lebih sejahtera”. Tegas Wabup Frans

Untuk itu, Wabup Frans mengatakan kepada masing-masing kepala perangkat daerah agar segera menyiapkan segala administrasinya baik penyediaan barang dan jasa maupun belanja modal agar segera diproses sesuai dengan aturan yang ada.

“Pimpinan SKPD dan seluruh staf perlu saya ingatkan, bahwa dalam pelaksanaan anggaran, tetap mengikuti prinsip pengelolaan keuangan daerah yang baik, taat aturan, proporsional, optimal, efektif, dan efisien serta transparan dan dapat dipertanggung jawabkan, dengan memperhatikan, asas keadilan, kepatutan, dan manfaat untuk masyarakat serta senantiasa melakukan pengawasan internal secara berjenjang, supaya anggaran yang dibelanjakan tersebut benar-benar efektif, efisien dan transparan.” harap Wabup Frans,

 Lanjut Wabup, Oleh karena itu setiap kepala perangkat daerah agar tetap fokus pada target yang sudah disepakati pada dokumen perencanaan dan penganggaran, dan cepat tanggap dalam merespon apabila terdapat penyerapan yang tidak sesuai dengan rencana, terus indentifikasi setiap permasalahan, dan lakukan evaluasi.

“Setiap kepala perangkat daerah agar keluar dari kebiasaan lama yang tidak produktif, lakukan terobosan terobosan inovatif dalam lingkup sistem, dasar hukum, teknis, maupun pelaksanaannya, sehingga kita dapat meminimalisir segala kekurangan yang ada.” Ujar Wabup

Dikatakan Wabup Frans, APBD kabupaten Kepulauan Yapen tahun anggaran 2022 saat dititik beratkan pada:

  1. Peningkatan aksesibilitas dan kualitas pendidikan dan kesehatan.
  2. Percepatan pembangunan infrastruktur pada setiap sektor .
  3. Peningkatan ekonomi masyarakat melalui pengembangan sektor pertanian, perikanan, dan pariwisata.

“Kepada pimpinan perangkat daerah agar lebih intensif dalam berkoordinasi dan saling bersinergis, saling berkaitan dalam pelaksanaan program-program prioritas dan strategis dalam upaya meningkatkan akselerasi pembangunan di kabupaten kepulauan Yapen dengan penuh kesungguhan dan tanggung jawab.” Tandas Wabup Frans.

( Foto : Robby Mesak )