Reporter : Andrew Woria

Serui – Bupati Tonny Tesar, S.Sos membuka secara resmi, kegiatan Evaluasi / Review Tata Ruang dan wilayah Kabupaten Kepulauan Yapen, yang berlangsung di Gedung Silas Papare, Selasa 08/02/2022.

Bupati Tonny Tesar, S.Sos menjelaskan bahwa pertemuan ini untuk meninjau kembali RTRW di kabupaten Kepulauan Yapen yang ditetapkan dalam perda no 8 tahun 2013 tentang Tata Ruang, dalam arahannya dirinya berterima kasih kepada pimpinan OPD, dimana perlu duduk bersama untuk mengkaji, mengevaluasi dan penilaian guna memberikan rekomendasi untuk dibahas dengan konsultan dalam Review Rencana Tata Ruang dan Wilayah. Dalam Review RTRW ini, Dihadiri juga oleh Wakil Bupati Frans Sanadi, Staf Ahli Bupati, PLT Sekda, Pimpinan DPRD, Pimpinan OPD baik Vertikal, dan 17 Orang Kepala Distrik.

 Review RTRW ini, merupakan tindakan lanjutan dari pelaksanaan UU no 26 tahun 2007 dan Peraturan Pemerintah No 15 tahun 2010 tentang penyelenggaraan penataan ruang. Hal ini dilakukan agar rencana tata ruang dan wilayah yang disusun berdasarkan tuntutan, perkembangan, serta kondisi kehidupan masyarakat, serta agar menjadi subtansi yang mampu merespon peluang untuk meningkatkan daya saing kabupaten ditengah tantangan yang dihadapi.

“Untuk itu dalam Review Tata Ruang ini, perlu dilakukan lewat pengkajian yang lebih akurat dengan menghormati hak perorangan atau lembaga sesuai hukum adat dan kebiasaan yang berlaku”  ujarnya

Dirinya berharap agar semua pihak yang terlibat dapat meghormati, dan berpesan agar ada kordinasi guna memaksimalkan dalam pelaksanaan nya tak mengalami kendala namun dapat berjalan lancar.

ketua Tim Konsultan  PT.Harimukti Jayapura, Harianto menjelaskan bahwa  sangat mengharapkan masukan dari OPD terkait  terutama data data pendukung guna penyusunan Dokumen dengan sasaran dapat mengidentifikasi pelaksanaan penataan ruang terhadap kebutuhan pembangunan, serta dapat mengidentifikasi kemampuan RTRW, serta dapat mengidentifikasi rumusan rekomendasi hasil pelaksanaan review RTRW kabupaten Kepulauan Yapen.

( Foto : Andrew Woria )