Reporter : Andrew Woria

Serui – Bupati Kepulauan Yapen pada hari Kamis, 03/02/2022 menghadiri kegiatan Sidang Daerah Ke III Gereja Pentakosta Di Papua Provinsi Papua.

Dalam laporan Ketua Panitia Pdt. Timotius Aerei menyebutkan bahwa Sidang ini berlangsung dari tanggal 3 hingga 5 February di Klasis Yapen Selatan Yang di ikuti oleh Badan Pekerja harian sinode, Badan pertimbangan dan Pengawasan Sinode, Badan Pertimbangan dan Pengawasan  daerah,  Unsur badan pekerja Klasis, Unsur Pengawasan Klasis, Gembala jemaat tahun profesional, serta Peninjau sidang ini dari BPD Papua Barat.

Ketua 1 Sinode GPDP Pdt. Fery Ayomi dalam sambutannya mengatakan bahwa  gereja memiliki peran dan fungsi strategis dalam pembentukan karakter manusia yang baik yang memiliki iman dan Budi luhur serta turut menjaga ketertiban umum sebagai modal dasar pembangunan Nasional, GPDP ini terdiri 24 Klasis, 178  Jemaat dengan umat kurang lebih 30 ribu jiwa serta bertujuan menilai pertanggung jawaban dan evaluasi program kerja yang berjalan dan menyusun program kerja yang baru, serta mengurus pengurus periode. Waket 1 Sinode ini juga  berharap, agar peserta sidang ini hendak menggunakan momentum untuk menyusun program yang bisa dikerjakan sesuai daya dukung Keuangan. Selain agenda sidang daerah, pada hari terakhir akan ditutup dengan KKR dalam rangka HUT PI ditanah Papua ke-167.  Dengan penyelenggaraan sidang daerah ini akan mempererat tali persaudaraan antara umat serta menjalin sinergitas kemitraan antara pemerintah dan umat. Yapen dipilih sebagai tuan rumah ini berlandaskan pertimbangan agar memudahkan pengkordinasian peserta serta pengefisiensi anggaran dikarenakan Yapen dan waropen memiliki jumlah jemaat yang banyak tutur nya.

Pengurus atau asosiasi Bupati Pegunungan Tengah, Ricky H Pagawak terpantau hadir memenuhi undangan kegiatan ini, dirinya mengatakan bahwa dirinya rindu hadir di kampung halaman orang tuanya nya serta secara langsung menyerahkan batuan kepada Panitia Sidang, sebagai bentuk dukungan untuk kegiatan ini.

Sementara Bupati Tonny Tesar pada kesempatannya menyampaikan apresiasi nya kepada BPD Sinode GPDP atas Pelaksanaan Sidang ke III di Serui,  pertemuan ini adalah benih benih yang ditabur untuk melaksanakan amanat agung tuturnya

“Sudah 2 tahun kita terjajah oleh pandemi covid-19, kita lupa bahwasanya semua ini karena kehendak Tuhan sehingga tanggal 5 nanti kita semua Akan berbondong bondong memuji Tuhan, karena kalau Tuhan berkehendak siapa yang dapat melawannya ” ujarnya

Ditambahkan Bupati Tonny bahwa Acara sidang ini bahwa semua penilaian program kerja dilakukan dalam satu kasih dalam kebersamaan, dan bisa menghasil program kerja yang lebih baik guna Pekabaran Injil di tanah Papua.

( Foto : Andrew Woria )