Reporter : C.R.I

Kepyapenkab.go.id, Serui – Pelaksanaan Pelatihan Dasar CPNS Golongan II dan III formasi 2018 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen yang bekerjasama dengan Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Papua secara resmi telah ditutup.

Penutupan pelatihan dasar ini dilakukan langsung oleh Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos yang berlangsung di graha Silas Papare Serui pada senin, 20/12/2021.

“Patutlah kita memanjatkan puji dan syukur kehadirat Tuhan Yang Mahakuasa, oleh karena pertolongan, penyertaan dan Anugerah serta kasih sayang-Nya, sehingga kegiatan pelatihan dasar CPNS golongan II dan III formasi tahun 2018 dilingkungan Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen yang terlaksana dari bulan Juni yang lalu, dapat berjalan dengan baik”. Ucap Bupati dalam mengawali sambutannya.

Untuk itu lanjut Bupati, ia menyampaikan selamat dan sukses kepada seluruh peserta dan para pembimbingnya atas semangat dan perjuangannya yang telah ditunjukan selama kurang lebih enam bulan dalam rangka untuk memenuhi salah satu syarat guna pengangkatan menjadi PNS. Bupati Tonny Tesar berharap kebersamaan, persaudaraan dan semangat kebhinekaan yang telah terbentuk selama masa pelatihan ini, dapat terus dibina dan dijaga dalam melaksanakan tugas sebagai PNS dilingkungan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Selain itu Bupati juga mengungkapkan rasa bangganya kepada 287 CPNS formasi 2018, sebab mereka dipandangnya yang memenuhi syarat utama untuk bisa meningkatkan pelayanan publik di Kabupaten Kepulauan Yapen khususnya pada bidang Pendidikan dan Kesehatan.

Sementara itu Kepala BPSDM Provinsi Papua melalui sambutannya yang dibacakan oleh Anton Yoas Imbenai, S.Ag, M.Si menjelaskan bahwa kegiatan Pelatihan Dasar bagi CPNS ini pada dasarnya bertujuan untuk membentuk PNS Profesional yang memiliki karakter, sehingga untuk mewujudkan tujuan tersebut maka kemudian desain kurikulum pembelajarannya dibangun dalam dua tahapan pembelajaran, untuk Full Classical yaitu melewati proses internalisasi selama dua puluh hari dan proses aktualisasi nilai-nilai dasar ASN selama tiga puluh hari efektif yang secara keseluruhan berlangsung selama 51 hari yang telah dilalui oleh seluruh peserta.

Kepala BPSDM dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa pelatihan ini begitu penting dan diseriusi karena perlu disadari bahwa PNS memiliki peran yang penting dan strategis dalam penyelenggaraan Pemerintahan, pelaksanaan pembangunan dan pemberdayaan masyarakat sebagai tanggunjawab Negara yang terekspresi melalui peran pemerintah. Oleh karena itu untuk mewujudkan peran pemerintah tersebut diperlukan SDM ASN yang profesional,  berintegritas, dan memiliki karakter pelayan.

Selain itu juga dalam momen penutupan kegiatan pelatihan ini, Bupati juga berkesempatan menyerahkan penghargaan kepada para peserta dengan penilaian terbaik selama masa pelatihan serta melepas kartu peserta kepada beberapa perwakilan peserta sebagai tanda ditutupnya kegiatan Pelatihan Dasar CPNS ini.

(foto : C.R.I)