Reporter : Vijay Polanunu 

Serui – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Kepulauan Yapen, pada harin Sabtu, (30/10/2021) menyelenggarakan musyawarah olahraga Kabupaten (Musorkab) bertempat di gedung Silas Papare Serui. Musorkab yang dihadiri Pengurus KONI Kabupaten Kepulauan Yapen dan 14 pengurus cabang olahraga itu berlangsung dengan thema “Musorkab KONI Kabupaten Kepulauan Yapen Tahun 2021, Bertekad Tingkatkan Prestasi Olahraga di Kabupaten Kepulauan Yapen dan Sukses Dalam Menyiapkan Atlit, Pelatih dan Wasit pada PON XXI Tahun 2025 di Provinsi Aceh dan Sumatera Utara”.

Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos yang juga selaku ketua terpilih KONI Kab. Kepulauan Yapen dalam sambutannya pada penutupan Musorkab menyampaikan pemohonan maafnya dimana ia seharusnya hadir mengikuti dari awal Musorkab ini, namun karena bertepatan dengan adanya kegiatan di Biak yakni pertemuan Pemuda Saireri dalam menyongsong pembangunan di wilayah Saireri dan kemudian dilanjutkan dengan kujungan kerjannya ke distrik Windesi, distrik Poom dan distrik Yapen Barat oleh sebab itu ia baru dapat hadir pada penutupan Musorkab ini.

Tonny Tesar. S.Sos juga mengatakan atas nama ketua terpilih KONI yang baru, ia meminta adanya regenerasi agar dapat tercipta semangat baru untuk membangun. tidak hanya itu selaku Ketua KONI terpilih juga Tonny Tesar menyampaikan terimakasih atas kepercayaan yang telah diberikan serta berharap adanya dukungan kerjasama guna membenahi KONI Kabupaten Kepulauan Yapen agar dapat menjadi tempat pembinaan atlit-atlit yang professional dan berprestasi di tingkat Kabupaten, Provinsi serta Nasional.  

Ia juga mengatakan perencanaan untuk setiap tahunnya, dana KONI sebenarnya cukup besar, namun ia selalu selektif dimana pada faktannya memang banyak cabor yang betul-betul latihan menghasilkan prestasi akan tetapi ada juga yang mempunyai kegiatan yang mewakili Provinsi namun pembiayaannya diminta dari Kabupaten, hal ini dipandang olehnya tidak proporsional, sebab secara administrasi keuangan hal ini akan dipertanyakan oleh BPK.

Selain itu juga Tonny Tesar, S.Sos berharap dalam masa pandemi covid 19 ini KONI dapat menjadi penggerak dan penyermarak olah raga, sebab dengan olahraga yang teratur akan menjaga tubuh tetap sehat sehingga virus covid 19 dapat terhindarkan.

(foto : Vijay Polanunu)