Reporter : Andrew Woria

Biak – Tindaklanjuti Deklarasi Pemuda Saireri pada Kamis, 28/10/2021, Bupati Kepulauan Yapen kembali menghadiri Undangan pertemuan antar kepala Daerah di wilayah Saireri pada hari Kamis, 28/10/2021 di Biak. Pertemuan kali dihadiri langsung oleh Ketua Asosiasi Bupati Saireri, Selaku Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, Ketua DPRD Biak Numfor, Milka Rumaropen, L2Dikti Papua dan Papua Barat, Dr  Suriel Mofu,  Sekda Biak Numfor, Markus O. Mansnembra, SH, M.M., Pimpinan DPRD Kabupaten Kepulauan Yapen, Asisten 1 Pemerintah Sekda Kabupaten Kepulauan Yapen Erny Tania, Asisten 1 Pemerintah Sekda Supiori, Yeremias Mandosir.

Sekretaris Asosiasi Bupati Saireri Tonny Tesar, S.Sos dalam kesempatan itu menjelaskan bahwa  akan melanjutkan aspirasi dari pemuda Saireri yang salah satu poin aspirasi nya adalah mempercepat proses pembentukan Dob Saireri sehingga dengan dukungan dari Bupati Biak Numfor maka dapat berlangsung rapat kali ini, ia berharap agar tim percepatan dapat segera di bentuk agar usulan ini bisa ditindaklanjuti segera.

Sebelumnya Di tahun 2012 pada Bulan Desember lalu, telah di deklarasikan pembentukan DOB teluk cenderawasih di Serui namun dalam perjalanan berharap agar Mamberamo dapat ikut tetapi Mamberamo keluar sehingga hanya 4 daerah bawahan dan terganjal dengan aturan pembentukan DOB baru.

Dengan semangat pemuda Saireri ini maka telah dideklarasikan untuk wilayah Saireri. Untuk diketahui bahwa setelah ada RUU Otsus dan telah masuk ke komisi II sehingga harus di dorong ke Prolegnas. Dijelaskan nya bahwa jika tidak segera dimasukan administrasi nya maka RUU DOB Saireri ini  akan ketinggalan dibahas dalam Prolegnas Tahun ini maka pertemuan hari ini harus segera memperbaharui tim percepatan tuturnya.

Selain itu Ketua Asosiasi Bupati Saireri, Herry Ario Naap dalam momen ini juga Menjelaskan bahwa dengan melihat dinamika yang terjadi baik di provinsi maupun nasional, dirinya telah berkomunikasi dengan sejumlah kementerian termasuk ke mensekneg, ia optimistis bahwa pergerakan ini terus dilakukan. Fokus kali ini juga adalah mengganggar anggaran di 4 kabupaten ini untuk berkomunikasi ke pusat dan menfokuskan DOB Saireri ke Prolegnas. Tim kerja ini juga akan lebih fokus dalam percepatan DOB Saireri.

Ketua Asosiasi Bupati Saireri, Herry Ario Naap mewakili  Asosiasi Bupati juga telah sepakat dan menunjuk, Dr Suriel Mofu sebagai ketua Tim Percepatan DOB Saireri, ketua L2Dikti Papua dan Papua Barat ini  mengaku bahwa pemekaran Saireri ini adalah hal yang mulia dan hak anak anak Saireri untuk memperjuangkan nya dirinya pun juga menerima tugas dan kepercayaan baginya.

(foto : Andrew Woria)