Reporter : M. Vijay Polanunu

Serui – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Yapen gelar upacara Peringatan Sumpah Pemuda ke 93, tahun 2021 bertempat di halaman Setda kabupaten Kepulauan Yapen, kamis (28/10/2021) pagi, yang dihadiri langsung oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA., Forkopimda, Pimpinan OPD, Organisasi Kepemudaan, tokoh Pemuda dan para pelajar.

Bertindak selaku inspektur upacara Waki Bupati Kepulauan Yapen, Frans Sanadi, B.Sc, S.Sos, MBA yang juga selaku pembaca sambutan Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Dr. H. Zainudin Amali, S.E., M.Si., dengan thema “Bersatu, Bangkit dan Tumbuh”.

Dalam sambutannya Menpora menyampaikan Thema Bersatu, Bangkit dan Tumbuh merupakan penegasan kembali komitmen yang telah dibangun oleh para pemuda, yang diikrarkan pada tahun 1928 dalam sumpah pemuda dimana hanya dengan persatuan, cita-cita bangsa dapat terwujud. Tema ini sesungguhnya ditujukan kepada seluruh elemen bangsa, tapi bagi pemuda Indonesia hal ini menjadi penting, karena ditangan pemuda lah kita berharap Indonesia bisa bangkit dari keterpurukan akibat covid 19 dan melangkah lebih maju untuk menggerakan pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

Dilanjutkannya, kalau pemuda generasi terdahulu mampu keluar dari jebakan sikap-sikap primordial suku, agama, ras dan kultur menuju kesatuan dan persatuan bangsa maka tugas pemuda saat ini adalah harus sanggup membuka pandangan keluar batas-batas tembok kekinian dunia, memiliki karakter, kapasitas, kemampuan berinovasi, kreatifitas yang tinggi, mandiri, inspiratif serta mampu bertahan dan unggul dalam menghadapi persaingan global demi menyongsong masa depan dunia yang lebih baik.

Selepas Upacara, rangkaian kegiatan kemudian dilanjutkan dengan penyerahan hadiah lomba dalam rangka menyongsong hari sumpah pemuda diantaranya lomba Gerak Jalan Putra, lomba Gerak Jalan Putri, lomba Tarik Tambang, lomba Wayase Tingkat SMA/ SMK dan lomba Wayase Tingkat Umum. Penyerahan hadiah tersebut  diserahkan langung oleh Wakil Bupati Kepulauan Yapen, Sekretaris Daerah Kabupaten Kepulauan Yapen, perwakilan Kodim 1709/ Yawa dan perwakilan Polres Kepulauan Yapen.

(foto : M. Vijay Polanunu)