Reporter : Andrew Woria

Serui – Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos., bersama Muspida mengunjungi Distrik Pulau Yerui pada hari Rabu, 01/09/2021. Kedatangan Bupati Kepulauan Yapen di Kampung Miosnum ini sekaligus menjemput Dandrem 173 / PVB, Brigjen TNI, Iwan Setiawan, SE, MM., Yang didampingi Kasrem 173 PVB, Kolonel Inf. Sudaryanto, guna mengikuti kegiatan Pra TMMD di Distrik Pulau Yerui. Kehadiran Dandrem 173/PVB kali ini disambut warga kampung Miosnum dengan adat Injak Piring. Diiringi nyanyian, Rombongan Bupati, beserta Dandrem 173/PVB pun diantar langsung menuju ke lokasi pembangunan TMMD.

Bupati Kepulauan Yapen, Tonny Tesar, S.Sos menjelaskan bahwa hari ini dapat bersama Danrem 173/PVB menyaksikan tahap awal pelaksanaan pekerjaan TMMD ke 112 di Kampung Miosnum, Distrik Pulau Yerui. Dirinya berterima kasih kepada seluruh jajaran TNI atas program TMMD ke Yapen, walaupun beberapa kali di usulkan dan tidak dapat, tetapi akhirnya bisa terjawab di 2021. Dalam laporannya kepada Danrem, Bupati Tonny menjelaskan bahwa masyarakat kampung Jaiturauw merasa kecewa karena pembangunan TMMD di distrik Yerui hanya untuk masyarakat kampung Miosnum, sehingga dirinya berharap agar aspirasi masyarakat ini dapat direspon baik lewat TMMD atau program Karya Bakti ABRI. Hal ini pun langsung dijawab oleh Dandrem 173/PVB Iwan Setiawan dimana dalam sambutannya, Danrem 173/PVB ini menjelaskan bahwa Program TMMD ke 112 tahun 2021 sebenarnya tidak ada agenda untuk Kabupaten Kepulauan Yapen,  karena doa serta kerjasama antara Bupati dan Damdim maka dapat terlaksananya TMMD di Kampung Miosnum. Ditambahkan Danrem bahwa Kampung Jaiturauw akan diperjuangkan olehnya untuk mendapatkan program TMMD tahun depan. Ada 8 rumah yang akan dibangun di Miosnum dalam kurung waktu 40 hari dengan 43 orang pekerja yang adalah anggota TNI.

Danrem menyebutkan bahwa ketika tiba dan disambut dengan adat Injak Piring, ada sejumlah daftar nama-nama putra putri distrik Yerui yang ingin menjadi anggota TNI, hal ini pun menjadi perhatiannya dan akan diperjuangkan olehnya.

(Foto dan Video : Andrew Woria)